Kakanwil Kemenag Kepri Hadiri Pemusatan Pelatihan STQH

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) saat menghadiri Pemusatan Pelatihan Peserta STQH di Quran Center Batam. (istimewa)

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) saat menghadiri Pemusatan Pelatihan Peserta STQH di Quran Center Batam. (istimewa)

Batam (HK) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, menghadiri pemusatan pelatihan peserta Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional XXV Tahun 2019 Utusan Provinsi Kepri di Quran Center Batam, Kamis (27/6/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain pelatih nasional Prof. Dr. H. Said Agil Husin Almunawar, Prof. Dr. H. Yusnar Yusuf, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Edi Batara, Direktur Quran Center Mahadi Rahman, dan 16 peserta STQH Nasional XXV utusan Kepri.

Kakanwil Kemenag Kepri mengungkapkan pihaknya menyambut baik program itu dan berharap agar para peserta utusan Kepri mendulang prestasi gemilang seperti sebelumnya.

“Syukur Alhamdulillah pemusatan pelatihan dapat digelar intensif mengingat waktu pelaksanaan tidak lama lagi. Besok peserta akan diberangkatkan menuju Pontianak. Dalam menghadapi musabaqah peserta diharapkan konsentrasi penuh untuk tampil maksimal,” kata Kakanwil.

“Kita sudah dengarkan satu persatu penampilan peserta. Dan secara umum sudah baik. Memang masih ada kesalahan kecil namun sudah dikoreksi langsung oleh pengajar kita Profesor Said Agil dan professor Yusnar Yusuf. Insya Allah tidak ada kendala yang berarti. Kita doakan saja mereka dapat tampil maksimal,” ujar Kakanwil.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pelatih, pengajar di Quran Center yang sudah mendedikasikan dirinya dalam melatih qori dan qoriah dari Kepri secara maksimal. Saya anjurkan kepada para orang tua yang ingin anak-anaknya menjadi ahli AlQur’an silahkan mendaftarkan anak-anaknya di Quran Center. Lembaga ini sudah terbukti memiliki prestasi nasional maupun internasional,” ucapnya.

Sementara itu, pelatih nasional, Professor Said Agil Husin Al Munawar, mengatakan, masih ada peserta yang menahan tempo terlalu lama.

“Namun secara umum hafalannya sudah baik,” ucapnya memberi penilaian.

Senada, professor Yusnar Yusuf, mengatakan ada peserta yang suaranya masih sumbang. Tapi itu, menurutnya, bisa diatasi dengan banyak berlatih.

Provinsi Kepri akan mengirimkan 16 peserta dalam STQH Nasional XXV di Pontianak Kalimantan Barat. Mereka adalah M. Rifqi Hawari (Tilawah Anak-Anak Putra), Saskia Nur Cahyanti (Tilawah Anak-Anak Putri), Amirullah Syahputra (Tilawah Dewasa Putra), Sisca Wulandari Putri (Tilawah Dewasa Putri), Habibul Fatihin (Hifdz 1 Juz Tilawah Putra), Chika Juliana Putri (Hifdz 1 Juz Tilawah Putri), Muliyadi (Hifdz 5 Juz Putra), Nurhalimah (Hifdz 5 Juz Putri), M. Rif’at (Hifdz 10 Juz Putra), Satrinah (Hifdz 10 Juz Putri), Khairullah (Hifdz 20 Juz Putra), Karmila (Hifdz 20 Juz Putri), M. Azro’i Sitorus (Hifdz 30 Juz Putra), Sri Rahayu Lestari Putri (Hifdz 30 Juz Putri), M. Abdul Ghafur (Hafalan 100 Hadis Putra) dan Riska Kurniati (Hafalan 100 Hadis Putri).

Quran Center Kepri menurunkan beberapa pelatih secara intensif, antara lain H. Sutan Muhammad Isa, H. Muslim Ahmad, Asril Arif, SQ.MA, Muhammad Yunus, H. Mansur Abdullah, SQ, Mukhammad, SQ, Sofyan Muttaqin, SQ, Faridah Fransiska, Mudroni, dan Rapiudin. Hingga berita ini diturunkan para peserta masih terus berlatih. (r)

(Visited 20 times, 1 visits today)