Pelabuhan Roro Tunggu Kesiapan, Sebagai Pelabuhan Pendukung

SKPT Selat Lampa. Perikanan jadi kata kunci kemajuan dan kemunduran Natuna.

NATUNA (HK)- Hingga saat ini, Pelabuhan Roro yang telah rampung dibangun oleh Pemerintah Pusat di Kabupaten Natuna, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Payung-Penagi belum bisa beroperasi.

Salah satu kendala utama, belum bisa difungsikan Pelabuhan Roro tersebut, karena beberapa pelabuhan penghubung yang ada di daerah yang menjadi tujuan atau tempat persinggahan kapal Roro belum selesai dibangun, seperti di Kecamatan Serasan dan Kuala Meras Letung.

Menurut Kabid Perhubungan Laut, Dishub Kabupaten Natuna, Sapta Nugraha, Pemerintah Kabupaten Natuna terus melakukan kordinasi dengan Kementerian Perhubungan RI mengenai wacana pengoperasian Pelabuhan Roro di Natuna.

“Saat ini, kendalanya utama belum beroperasinya Pelabuhan Roro di Natuna, kerena beberapa pelabuhan penghubung di beberapa temapat belum selesai dibangun. Seperti di Kecamatan Serasan dan Kuala Meras pelabuhan disana belum siap,” terang Nugraha.

Jika kelak telah beroperasi, Sapta menjelaskan kapal Roro dari Natuna akan melayani rute antar pulau hingga ke Pontianak Kalimantan Barat dan Dompak Tanjung Pinang.(fat)