Basarnas Akan Gelar Latihan Penyelamatan

GELAR LATIHAN- Personil Sarnas Natuna menggelar latihan rutin. Dalam waktu dekat ini Sarnas akan menggelar latihan penyelamatan secara terbuka untuk umum.

NATUNA (HK)- Memberikan pengetahuan dalam proses penyelamatan kepada masyarakat menjadi suatu motivasi Basarnas Natuna agar setiap orang bisa menyelamatkan keluarga mau pun dirinya sendiri.

Rencananya dalam waktu dekat ini, Basarnas Natuna akan menggelar pelatihan penyelamatan yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat pengalaman dalam proses penyelamatan.

“Kita berencana akan mengadakan kegiatan terkait proses penyelamatan yang dibuka secara umum, sehingga mereka yang mengikutinya mendapatkan pengetahuan tata cara dan proses penyelamatan yang baik,” kata Kepala Kantor Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, kepada Haluan Kepri, kamis (27/6).

Ia mengaku, keterbatasan sumber daya manusia yang masih dirasakan minim manjadi motovasi agar masyarakat Natuna juga dapat mengerti dan mampu memberikan penyelamatan kepada seseorang.

Ia menambahkan, untuk Basarnas yang mencakupi dua wilayah kabupaten di antaranya, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas jelas masih sangat kekurangan mulai dari SDM hingga Sarana dan Prasarana pendukung.

Sekarang ini untuk SDM di Basarnas sendiri masih sangat minim, karena untuk standard wilayah yang mencakup dua Kabupaten Natuna dan Anambas sangat butuh sekali personel sedikitnya 100 orang personel,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan nanti, masyarakat dapat membantu dalam proses penyelamatan jika ada kejadian dan ada korban.

“Dengan adanya kegiatan latihan penyelamatan nanti, diharapkan menjadi pengalaman yang dapat diterapkan langsung ketika ada kejadian,” tutupnya.(fat)