27 Warga Terserang DBD

NATUNA (HK)- Jumlah penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah meningkat di Natuna. Dikabarkan dari bulan Februari hingga sekarang sudah ada 27 orang warga Ranai yang terserang penyakit tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah membenarkan kabar di atas.

Ia mengatakan, penderita DBD yang sudah terdeteksi dari bulan Februari hingga kini berjumlah 27 orang pasien. Di antaranya, ada yang sedang menjalani proses pengobatan di RSUD Natuna dan ada juga yang sudah sehat.

“Ya betul, sejak Februari sampai Juni ini ada 27 orang warga sudah kena DBD. Ada yang sedang dirawat di rumah sakit, dan ada juga yang sudah sehat dan kembali pulang,” kata Hikmat, Kamis (27/6).

Terkait pristiwa ini, Hikmat mengaku pihaknya telah mengambil langkah pasti sebagai upaya pencegahan kemungkinan maraknya penyakit itu.

Ia menyebutkan ada dua langkah pencegahan yang sudah dilakukan. Di antaranya, melakukan tindakan fogging di wilayah yang sudah ada warganya terserang DBD.

“Kami langsung bertindak dengan melakukan kegiatan fogging di beberapa wilayah di sekitar rumah pasien yang terkena DBD. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi bertambahnya jumlah penderita DBD,” jelas Hikmat.

Disamping itu, pihaknya juga tengah gencar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada seluruh masyarakat agar memberantas sarang nyamuk dengan cara membakar dan mengubur barang bekas serta menguras bak mandi minimal dua kali seminggu.

“Kita juga menekankan kepada masyarakat tidur menggunakan kelambu agar nyamuk Aedes Aegypty penular DBD tidak sampai mengganggu. Semoga tidak ada lagi tambagan penderita,” harap Hikmat.(fat)

(Visited 17 times, 1 visits today)