Dropbox Mudahkan Warga Daftar BPJS Kesehatan

BATAM (HK) – Kanal pendaftaran peserta BPJS Kesehatan berupa dropbox sangat memudahkan masyarakat khususnya di pulau-pulau atau hinterland. Hal ini diakui langsung oleh Indra, perwakilan Kantor Camat Bulang dalam sosialisasi optimalisasi pendaftaran melalui dropbox, di Kantor BPJS Kesehatan Batam di Batam Centre, Kamis (27/6).

“Bulang itu letaknya jauh dari kota, dan memang dropbox sangat membantu masyarakat kami,” ungkap Indra.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Batam, Maihendra menjelaskan penggunaan dropbox merupakan salah satu upaya perluasan kanal pendaftaran. Bagi masyarakat yang enggan pergi ke kantor cabang, pendaftaran melalui dropbox tentu sangat memudahkan. Karena dropbox tersedia hampir di seluruh kantor camat di Kota Batam.

Dropbox dikatakan sangat efektif karena masyarakat yang ingin mendaftar cukup meletakkan berkas pendaftaran ke dalam box dan menunggu sampai proses pendaftaran selesai. Di dekat kotak juga sudah dicantumkan informasi mengenai berkas apa saja yang perlu dilampirkan untuk pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.

“Nanti setiap satu minggu petugas BPJS Kesehatan akan mengambil berkasnya. Konfirmasi mengenai kelengkapan, proses pembayaran, sampai sukses pendaftaran akan disampaikan melalui telepon,” ujarnya.

Dropbox ini, kata Maihendra, sebenarnya sudah setahun berjalan. Namun belakangan dropboxkurang termanfaatkan dengan baik. Tampak dari minimnya berkas pendaftaran yang masuk ke dalam dropbox.

Karena itulah BPJS Kesehatan Cabang Batam kembali menyosialisasikan penggunaan dropbox khususnya ke perwakilan kecamatan dan kelurahan. Harapannya aparat pemerintah tersebut dapat menginformasikan kepada masyarakat, bahwa ada cara yang sangat mudah untuk mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Walaupun sekarang dropbox hanya ada di kantor camat, harapannya dari pihak kantor lurah juga membantu menginformasikan kepada peserta,” kata Maihendra. (mc)

(Visited 12 times, 1 visits today)