Kecamatan dan Desa Perlu Koran Berhalaman Natuna

PEMBERIAN KORAN- Warga Serasan senang menerima pemberian koran dari Komunitas Jelajah Natuna.

NATUNA (HK)- Meningkatkan minat baca dan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) bisa ditempuh dengan berbagai cara dan media. Langkah ini tidak cukup hanya ditempuh melalui cara-cara dan bahan-bahan bacaan yang bersifat formil.

Demikian disampaikan anggota tim Komunitas Jelajah Natuna, Chairman di Serasan Melalui Telepon, Jumat (28/6).

Terkait peningakatan minat baca dan peningkatan mutu SDM, Chairman mengaku, Komunitas Jelajah Natuna sudah sering melakukan observasi, pengamatan dan eksperimen sosial.

Hipotesa sementara yang dihasilkannya selama ini adalah masyarakat memerlukan bahan-bahan bacaan alternatif untuk meningkatkan minat baca.

“Berdasarkan hasil pengamatan kami, memang kecamatan dan desa-desa perlu bahan bacaan alternatif seperti media koran ini. Kemarin kami bikin acara di Serasan, salah satu kegiatannya meningkatkan minta baca masyarakat, mereka perlu koran sebagai bahan bacaan,” papar Chairman.

Animo masyarakat di kecamatan dan pedesaan terhadap koran juga disebutnya berbeda dengan bahan-bahan bacaan lainnya seperti buku, akses berita online dan lain sebagainya.

“Karena kalau mereka membaca koran mereka juga dapat ilmu, informasi dan barang bukti berupa fisik koran. Apalagi kalau koran-koran yang ada halaman Natunanya, sebagian masyarakat antusias banget,” ujar pria yang berprofesi sebagai diver itu.

Ia merekomendasikan, pemerintah daerah, kecamatan dan desa mesti responsif dengan terhadap animo masyarakat ini untuk uapaya peningkatan minat baca masyarakat.

“Pemerintah sebagai penanggung jawab utama tugas meningkatkan minat baca ini harus mengakomodir keinginan dan keperluan masyarakat ini. Bila perlu di setiap RT, koran masuk ke situ biar mereka juga dapat mengakses informasi melalui koran sekaligus meningkatkan minat baca warganya,” tegas Chariman.

Hipotesa ini diperkuat oleh berbagai testimoni yang langsung dihimpunnya dari warga. Salah satunya Sisk (17), Murid kelas 2 Jurusan IPS SMA Serasan Timur. Ia mengaku bergembira sekali Komunitas Jelajah Natuna menyediakan bahan bacaan koran di stand acara Workshop Seni Tari dan Musik di Gedung BPMKS Serasan Timur, Kamis (28/6) Kemarin.

“Kami berterima kasih sekali kepada media-media dan Komunitas Jelajah Natuna yang sudah menyumbangkan bahan bacaan koran kepada kami. Sejak SMP dulu kami ingin punya koran untuk dibaca, apalagi saat ada tugas sekolah bikin kliping, kami selalu kepayahan mencari koran. Terima kasih kepada mereka yang telah peduli terhadap nasib kami,” ucap Siska dalam testimoninya.

Ia berharap ada pihak yang bersedia membantu menyediakan bahan bacaan koran di wilayahnya agar mereka dapat dengan mudah mengaksesnya.

“Paling tidak di Kantor Camat koran selalu tersedia agar kami dapat numpang membaca,” harapnya.(fat)

(Visited 26 times, 1 visits today)