Pemberangkatan JCH Embarkasi Batam Dipercepat

BATAM (HK) – Pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam yang rencananya mulai 7 Juli 2019 dipercepat sehari menjadi 6 Juli 2019 demi menyesuaikan dengan jadwal ibadah wukuf untuk kelompok terbang terakhir.

“Karena ada penambahan dua kloter, agar tidak mepet bila menambah jadwal di belakang, maka ditambah di depan, karena waktunya berdekatan dengan jadwal wukuf,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kepri Afrizal di Batam, Jumat (28/6).

Dengan pemajuan jadwal, maka kloter 1 dan 2 akan berangkat pada 6 Juli 2019. Kloter 1 sekitar pukul 6.00 WIB dan kloter 2 sekitar pukul 10.00 WIB.

Jamaah kloter 1 yang terdiri atas jamaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau, direncanakan mulai tiba di Asrama Haji Batam pada 3 Juli 2019, menyesuaikan dengan jadwal penerbangan dari daerah asal.

“Jamaah asal Natuna akan tiba pada tanggal 3, dan asal Kepulauan Anambas tanggal 4 Juli 2019,” kata dia.

Jamaah kloter 2 yang berasal dari Provinsi Riau tidak menginap di Asrama Haji Batam, melainkan langsung dari bandara di Pekanbaru, karena telah menjadi embarkasi antara.

“Berdasarkan ketentuan, jamaah haji embarkasi antara sudah harus tiba di Bandara Batam pada empat jam sebelum waktu keberangkatan,” kata dia.

Pada musim haji tahun ini, Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 12.860 orang anggota jamaah haji dari empat provinsi, yakni Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Jumlah anggota jamaah yang diberangkatkan Embarkasi Batam bertambah sekitar 900 orang yang tergabung dalam dua kloter, sesuai dengan penambahan kuota haji untuk Indonesia.

PPIH merencanakan, Kloter 1 Embarkasi Batam terdiri atas jamaah calon haji asal Kepulauan Riau, Kloter 2-10 JCH asal Riau, dan 11-16 JCH asal Kalimantan Barat.

Kloter 17 kembali berangkat JCH Kepri, Kloter 18-20 JCH asal Riau, Kloter 21-27 JCH asal Jambi, dan Kloter 28-29 kembali jamaah asal Kepri.

Dari empat provinsi yang dilayani Embarkasi Hang Nadim Batam, dua provinsi sudah menggunakan embarkasi antara, yaitu Riau dan Jambi. (ant)

(Visited 36 times, 1 visits today)