Gala Premiere Film Ramlie Oii Ramlie Karya Anak Batam

PESERTa Gala Premiere Film Ramlie Oii Ramlie Karya Anak Batam foto bersama.Foto:Damri/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Pemerintah kota Batam apresiasi dengan karya anak milenial kota Batam yang sudah berhasil produksi film Bergenre komedi yang berjudul Ramlie Oii Ramli. Film ini juga mengingatkan kita kepada sosok P. Ramlee seorang aktor dari Malaysia tenar pada era 1950an.

“Karena film ini juga sangat mendidik dengan mengangkat budaya Melayu, selain itu juga Bergenre komedi, namun kuat dalam penuturannya dan sinematografinya,” ucap Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Kepri Mall, Minggu (30/6) siang.

Dikatakan, bahwa kehadiran film Ramlie Oii Ramlie karya anak Batam tersebut menandakan bahwa Batam memiliki potensi industri perfilman yang bagus.

“Selain itu juga sudah terdapat banyak film garapan anak Batam lainnya, salah satunya adalah film Hantu Sei Ladi yang bergenre horor,” ucap Ardi.

“Batam juga punya Kinema Studio yang sudah menembus pasar internasional, jadi Pemerintah akan mencoba menjadi mediator agar pelaku perfilman ini dapat berhubungan dengan pelaku perfilman di Kinema Studio,” tambahnya.

Ardi menjelaskan, bahwa Film tersebut adalah bahagian dari 16 sub sektor bidang ekonomi kreatif yang digadang-gadang Pemerintah kota Batam, yakni Videografer, Photografer, Kuliner, seni pertunjukan, Design grafis, Design Interior, Griya, Perfilman dan lainnya.

“Jadi, Film Ramlie Oii Ramlie ini adalah satu kekuatan bagi anak-anak milenial lainnya untuk berkecimpung di bidang ekonomi kreatif tersebut.

Lanjutnya, Belum lama ini, pemko Batam melalui walikota Batam sudah melakukan memorandum of understanding (MOU) dengan Badan ekonomi kreatif tentang peningkatan bidang ekonomi kreatif.

“Kita juga sudah menyurati Badan ekonomi kreatif untuk ditunjuk sebagai tuan rumah Badan Ekonomi kreatif Festival (Bekraf Festival) tahun 2020 mendatang,” jelas Ardi.

Ia berharap semoga ini disetujui oleh pihak badan ekonomi Kreatif untuk menjadi tuan rumah Bekraf Festival ditahun 2020 mendatang, jika ini disetujui, ini sangat luar biasa.

Ditempat yang sama, Sutradara Film Ramlie Oii Ramlie, Pajri Andika menjelaskannya bahwa film Ramlie Oii Ramlie ini menceritakan kisah keseharian pemuda yang malas bangun pagi dengan keterbatasan dan penuh kesederhanaan.

“Jadi dalam kisah film ini, ibunya Ramli sangat idolakan sosok P. Ramlee seorang Aktor yang berasal dari Malaysia, trus ibunya menamakan dia Ramlie, ia berharap anaknya bisa mempunyai sifat yang sama dengan sosok P. Ramlee yang diidolakan ibunya itu,” jelas Pajri.

“Orang yang rindu dengan P.Ramlee, film ini bisa mengobati kerinduan dengan sosok P.Ramlee,” tambahnya.

Pajri mengatakan, Film tersebut mengangkat budaya Melayu yang dikemas sesuai dengan perkembangan zaman modern di Batam dan dikemas dalam alur film yang lucu, penuh dengan komedi.

“Film ini tidak sekadar menyuguhkan humor, namun juga penuh dengan nilai-nilai budaya Melayu yang kental, yang mengajarkan kebaikan,” kata Pajri.

Dalam Film Ramlie Oii Ramlie ini juga diisi dengan banyak tarian, lagu dan pantun khas Melayu.(Cw63)

(Visited 15 times, 1 visits today)