KPU Digugat Partai ke MK, Dinilai Belum Tetapkan Caleg Terpilih

Komisioner KPU Bintan Rusdel

BINTAN (HK) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan tersebut terkait perolehan suara antara caleg PDI-P atas nama Trijono dengan caleg PKS, Muttaqin Yaser dari dapil Bintan 3 yang terjadi berselisih 9 suara.

Tak hanya PDI-P, caleg Partai Golkar nomor urut 2, H Amran juga mengajukan gugatan ke MK karena berselisih dengan koleganya Aisyah, caleg nomor urut 3 dari dapil 3.

H Amran mengajukan gugatan khususnya terkait perolehan suara di TPS 12 Sei Lekop, sebab pada perhitungan sebelumnya Ia memperoleh 34 suara dan Aisyah hanya memperoleh 6 suara. Setelah dilakukan perhitungan ulang ditingkat kecamatan, suara H Amran merosot menjadi 16 suara dan Aisyah menjadi 7 suara.

Dengan adanya gugatan dari PDI-P dan Partai Golkar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan belum menetapkan caleg terpilih pada Pemilu 2019.

Sementara menurut Komisioner KPU Bintan Rusdel, bahwa penetapan caleg terpilih itu menunggu hasil sidang MK terhadap gugatan PHPU untuk kedua partai tersebut yang baru akan dilaksanakan pada periode 9 Juli – 9 Agustus mendatang.

“Setelah ada putusan MK, baru kami (KPU Bintan) akan menyusun jadwal untuk menggelar rapat pleno terkait penetapan caleg terpilih,” ungkap Rusdel, Minggu (30/6).

Sejauh ini, KPU belum berani mempublikasikan nama-nama caleg Bintan terpilih periode 2019-2024. Rusdel beranggapan, putusan MK menjadi dasar utama untuk menetapkan caleg terpilih periode 2019-2024.

“Kita tunggu hasil dari MK dulu baru di plenokan, nanti juga akan kita beritahu hasilnya,” ucapnya.

Kendati demikian, jatah kursi di DPRD Bintan hasil Pemilu serentak 2019 yang diraih beberapa partai telah ditetapkan, seperti Partai Demokrat yang berhasil memborong 8 kursi dari 4 dapil yang ada di Bintan. Partai Golkar mendapat 6 kursi, Partai NasDem berhasil meraih 4 kursi, serta PAN dan Hanura masing-masing mendapatkan 1 kursi. Sedangkan PDI-P dan PKS masih menunggu putusan MK terkait gugatan caleg PDI-P. (oxy)

(Visited 22 times, 1 visits today)