Listrik Sempat Padam, Hari Pertama PPDB SMAN 5 Batam Membludak

PPDB di SMA 5 Batam. (dedi/haluankepri.com)

PPDB di SMA 5 Batam. (dedi/haluankepri.com)

SAGULUNG (HK) – Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Batam, di Sagulung sempat terkendala disebabkan padamnya listrik hampir setengah jam. Sementara jumlah pendaftar membludak. Pihak sekolah pun menggunakan sistem PPDB berdasarkan jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua.

“Iya tadi sempat ada kendala karena padamnya lampu ada kurang lebih setengah jam. Jadi proses PPDB sempat terkendala. Namun, akhirnya kembali berjalan normal,” kata Bahtiar, Kepala Sekolah SMAN 5 Batam.

“Alhamdulillah semuanya terkendali, buktinya sekarang (pendaftar) juga mulai habis, situasi aman terkendali,” kata dia.

Bahtiar juga mengatakan, pendaftaran bisa banyak, akan tetapi kita harus menggunakan zona atau jarak koordinatnya sama seperti kelurahan Sungai Langkai, Sei Lekop dan Sagulung kota.

“Untuk PPDB ini kita memakai juknis dari Disdik Provinsi dan server online-nya juga langsung dari Disdik. Jadi server-nya sekolah tak bisa. Karena sudah ditentukan dari sana,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan jumlah pendaftar PPDB di sekolah tersebut di luar prediksi pihaknya. Pasalnya jumlah kartu antrean yang disebarkan kepada warga pendaftar mencapai hampir 200 dengan 5 operator sekolah.

“Kita siapkan 200 antrean tiap harinya dengan 5 orang operatornya yang mengup-date, ternyata yang datang lebih dari yang kita prediksi,” katanya.

Menurutnya, jumlah pendaftar tersebut tidak lepas dari antusiasme orang tua calon peserta didik baru yang ingin anak-anaknya mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

SMA Negeri 5 Batam menyediakan kuota murid baru untuk ajaran tahun ini sebanyak 360 calon siswa baru dengan 10 rombongan belajar (rombel). Dimana 1 kelas 36 orang. Pendaftaran pun dibuka sejak hari ini hingga sampai 6 Juni. Kemudian pengumuman hasil onlinenya pada tanggal 7 Juni mendatang. (ded)