Mahasiswa UGM KKN di Katang Bidare

SAMBUT MAHASISWA- Camat Katang Bidare Safarudin menyambut puluhan mahasiswa asal Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta untuk melaksanakan KKN di Desa Benan.

LINGGA (HK)- Kecamatan Katang Bidare, tepatnya di Desa Benan kedatangan Mahasiswa Kulian Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Camat Katang Bidare, Safaruddin, saat melakukan pertemuan dengan para mahasiswa UGM Jogjakarta mengucapkan banyak berterima kasih dengan kedatangan para mahasiswa KKN di kecamatan ini.

“Perlu adik-adik ketahui bahwa kecamatan ini baru terbentuk sekitar 8 bulan, tepatnya sejak bukan Oktober 2018 yang lalu. Tentunya sebagai kecamatan baru banyak yang harus dilakukan baik dari sisi administrasi, program pemberdayaan mau pun pembangunan,” kata Safar, Sabtu (29/6).

Safar menaroh harapan besar kepada pemerintah daerah dengan kedatangan adik-adik yang notabene berasal dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Negeri ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi daerah yang pada akhirnya mampu mengembangkan dan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di daerah ini.

“Pada kesempatan ini saya juga mengimbau kepada jajaran Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa Benan dan masyarakat dapat menerima dengan baik tamu kita ini yang kurang lebih akan melaksanakan program KKN di tempat kita selama 1 bulan,” terangnya.

Selanjutnya Bupati Lingga yang dalam kesempatan tersebut diwakili Asisten I, H Rusli menyampaikan selamat datang di Negeri Bunda Tanah Melayu, asal muasal dari bahasa Indonesia. Kabupaten Lingga juga merupakan kabupaten kepulauan dengan 604 buah pulau.

“Kami yakin daerah kami akan mendapat manfaat yang banyak dari kedatangan rombongan mahasiswa KKN UGM,” ujar Rusli.

Sementara Dr Amir Husni, S.Pi, M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan Program KKN Mahasiswa UGM Jogjakarta dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa, kegiatan KKN di Desa Benan ini akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan.

Ada pun kegiatan yang akan dilakukan adalah membantu dalam pemberdayaan masyarakat baik di bidang kesehatan, agro, sosial dan sains teknologi.

Tujuannya adalah dalam rangka implementasi Tridarma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Pada periode ini Tahun 2019 UGM melepas sekitar 5630 mahasiswa KKN yang tersebar di 32 Provinsi yang mana dilepas langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Bersama dengan Rektor UGM dan Gubernur Jawa Tengah beberapa waktu lalu,” jelas Rusli.(jfr)