Dinsos Kepri Gelar UPSK Disabilitas di Lingga

Petugas Kesehatan dari Dinas Sosial Provinsi Kepri saat kegiatan UPSK di Lingga. (evafransiska/haluankepri.com)

Petugas Kesehatan dari Dinas Sosial Provinsi Kepri saat kegiatan UPSK di Lingga. (evafransiska/haluankepri.com)

TANJUNGPINANG (HK) – Dinas Sosial Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar Unit pelayanan Sosial Keliling (UPSK) bagi penyandang disabilitas yang ada di Lingga, Selasa (2/7/2019).

UPSK merupakan pelayanan sosial yang bergerak untuk mencapai lokasi PMKS sampai ke tingkat desa dan kelurahan agar para penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya dan dicarikan solusinya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri, Doli Boniara, mengatakan, kegiatan tiga hari itu digelar di Gedung Lela Sanguna, Lingga.

Menurut Doli, tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dini, konsultasi hingga rekomendasi penanganan yang tepat tentang informasi sumber pelayanan sosial yang dapat diakses seluruh masyarakat dalam upaya penangana PMKS.

“Kita harapkan setelah kegiatan ini akan dapat diverifikasi kebutuhan-kebutuhan para penyandang disabilitas yang selanjutnya bakal diteruskan ke kementrian sosial dalam bentuk bantuan sosial,” ucap Doli.

Nantinya, lanjut dia, pihaknya akan memberikan berbagai pelayanan baik itu pelayanan pemeriksaan medis, konsultasi medis, konsultasi psikologi hingga pelatihan dan keterampilan praktis yang melibatkan dokter, perawat, instruktur, psikiater, psikologi, pekerja sosial, dan lainnya. (efr)