Pemkab Dinilai Acuhkan DPRD, Tidak Berkoordinasi Jalankan Roda Pemerintahan

BERBINCANG BINCANG- Ketua Komisi II DPRD Natuna, Yohanis berbincang-bincang dengan anggota DPRD Natuna lainnya terkait persoalan pemerintah daerah.

NATUNA (HK)- DPRD Natuna menyayangkan sikap Pemerintah Daerah Natuna dalam menjalankan pembangunan daerah. Pemerintah dituding masih suka menjalankan pembangunan tanpa koordinasi dengan pihak legislatif.

Ketua Komisi II DPRD Natuna, Yohanis mengaku selama ini pihaknya sering terkaget-kaget dengan program kegiatan pemerintah karena mereka jarang mendapatkan kordinasi terkait pembanguan-pembangunan itu.

“Kami lihat pemerintah sekarang masih suka main sendiri. Kami sering sekali tahunya tentang program pemerintah setelah ada RAPBD masuk ke dewan. Itu pun masuknya mendadak pula, kami kadang jadi kaget,” tutur Yohanis di kantornya, kemarin.

Bahkan tidak sedikit juga proyek pembangunan yang sudah jalan baru DPRD mengetahuinya meski pun melalui jalur informal.

“Contoh saja Pembangunan Pasar Ikan Ranai dan pengembangan SKPT Selat Lampa ini. Kami tahunya dari kawan-kawan wartawan aja baru, kalau kawan-kawan tidak bertanya tetang itu, kami belum tahu. Padahal pembangunan ini bersumber dari hibah Jepang dan bernilai besar,” tukasnya.

Seyognya pemerintah selaku pihak eksekutif senantiasa berkoordinasi dengan DPRD dalam perencanaan mau pun pelaksanaan kegiatan pembangunan.

“Karena kami secara legislasi perlu mengetahui jalannya pembangunan itu. Pemerintah harus rajin berkoordinasi dengan dewan,” tegasnya.

Terkait hal ini, Yohanis mengaku sudah sering memberikan saran dan masukan kepada pemerintah agar rajin berkoordinasi dengan dewan.

“Bahkan kami saja yang rajin berkoordinasi dengen mereka, sementara mereka diam-diam saja menjalankan pembangunan,” tendasnya.(fat)

(Visited 34 times, 1 visits today)