Pemohon KIA Meningkat, Disdukcapil Berikan Kemudahan

TANJUNGPINANG (HK)- Tingkat kesadaran warga Kota Tanjungpinang untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) meningkat. Setidaknya itu terlihat dari animo pemohon KIA yang hampir setiap hari meningkat jumlahnya.

Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya terus berupaya mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pemohon KIA.

Peningkatan permohonan KIA ini cukup signifikan. Pada Juli 2019 ini, Dispendukcapil sudah melayani sebanyak 23.000 pengurus KIA.

“Hampir 50 persen dari total jumlah anak sebanyak 58.000 di Tanjungpinang sudah mengurus KIA. Dari jumlah tersebut, sudah melakukan pencetakan sebanyak 17.000 kartu. Dalam sehari, kami bisa melakukan pencetakan sebanyak 200 kartu,” jelas Irianto di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Senin (1/7).

Irianto menjelaskan, saat ini pihaknya memberikan kemudahan dalam mengurus KIA. Pengurusan dokumen tersebut bisa dilakukan orangtuanya sendiri mau pun diwakilkan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

“Saya berikan prioritas bagi orangtuanya sendiri yang mengurus. Selain itu, untuk blanko KIA sangat tersedia di Disdukcapil,” jelas Irianto.

Hal ini, kata Irianto juga berkat Walikota Tanjungpinang Syahrul yang mengalokasikan anggaran ketersediaan balnko KIA.

Karena Kota Tanjungpinang menjadi Pilot Project (uji coba) penerapan KIA. Hadirnya KIA, lanjut Irianto, setidaknya memberikan kemudahan untuk memberikan identitas keadministrasian kepada para anak.(rco)

(Visited 27 times, 1 visits today)