Penetapan Calon Terpilih Dilakukan Kamis

Jupri Budi, Ketua KPUD KKA. (yudi/haluankepri.com)

Jupri Budi, Ketua KPUD KKA. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan menetapkan perolehan kursi partai dan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Kamis (4/7) mendatang.

Ketua KPUD KKA, Jupri Budi, mengatakan, penetapan dilakukan setelah tiga hari Mahkama Konstitusi (MK) menetapkan register atau menetapkan dalam buku registrasi perkara konstitusi.

“Insya Allah kita akan menetapkan jumlah kursi partai dan calon terpilih pada Kamis (4/7) pada Pukul 14.00 WIB di restoran Siantan Nur,” ujar Budi, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, hal ini dilakukan setelah MK mengeluarkan daerah mana yang bersengketa dan daerah yang tidak bersengketa. Anambas termasuk salah satu daerah yang tidak bersengketa.

“Bagi daerah yang tidak bersengketa seperti Anambas, maka penetapannya paling lambat tiga hari setelah MK mengeluarkannya,” jelasnya.

Ia melanjutkan, setelah dilakukannya penetapan, maka berakhirlah tahapan Pileg dan Pilpres 2019 di Anambas.

Setelah KPU menetapkan melalui pleno tambah dia, maka berita acara tersebut akan diserahkan kepada pihak pemerintah daerah yang akan diteruskan kepada Provinsi untuk dikeluarkan SK pelantikan DPRD terpilih.

“Setelah itu daerah akan mengagendakan pelantikannya. Kalau tidak akhir Agustus awal September, karena masa bhakti DPRD priode 2014-2019 itu akan berakhir pada 31 Agustus 2019,” tutupnya. (yud)

(Visited 36 times, 1 visits today)