RSUD Jemaja Berlabel Bintang Tiga

Herianto, Kepala Dinas Kesehatan KKA. (yudi/haluankepri.com)

Herianto, Kepala Dinas Kesehatan KKA. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jemaja terakreditasi Madya. Berlabel bintang tiga, RSUD Jemaja menjadi RSUD terakreditasi tertinggi dari semua RSUD lain yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Herianto, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) mengatakan, sebelumnya RSUD Palmatak juga telah terakreditasi dengan nilai dasar (Bintang 1-red).

“Setelah RSUD Jemaja terakreditasi, maka sudah dua RSUD yang telah lulus dan terakreditasi di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA),” kata Herianto, Selasa (2/7/2019).

Saat ini tambah dia, terdapat 7 Puskesmas dan 2 RSUD di Anambas yang telah terakreditasi. Dari 7 Puskesmas itu, 6 diantaranya terakreditasi Madya.

Saat ini, lanjut Kepala Dinas, tinggal RSUD Tarempa yang belum terakreditasi, direncanakan pada 2020 mendatang itu akan dilaksanakan.

“Insya Allah pada 2020 mendatang RSUD Tarempa juga akan terakreditasi, dan itu memang sudah ditargetkan,” bebernya.

Ia mengungkapkan, apabila tim penilai datang ke RSUD Jemaja pada 24 sampai 27 Juni kemarin. Dan setelah dua hari nilainya pun langsung keluar. Tim Surveyor yang datang dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Snars ED 1.

“Tim yang datang itu antara lain yakni Dr. SOS.dr. Prita Muliarini, Sp.OG (K), dr. Sunarto, M.Kes, lalu kemudian Ns. Elis Puji Utama, S. Kep, MPH,” bebernya.

Setelah terakreditasi, lanjutnya, maka dapat berkerjasama dengan BPJS karena merupakan salah satu sarat untuk kerjasama.

Kendati sudah terakreditasi sambungnya, masih ada kendala dan kekurangan pada rumah sakit tersebut antara lain yakni, SDM yang masih belum optimal, karena masih kekurangan dokter spesialis anak, yang ada saat ini adalah spesialis Anastesi, bedah, dan kandungan.

“Penunjang Alkes juga masih belum optimal namun sudah dapat melaksanakan pelayanan dengan maksimal, kemudian anggaran juga masih minim dan itu yang paling dibutuhkan saat ini,” ‘tutupnya. (yud)