Wakili Indonesia Studi di Jepang

Rustani siswa kelas XI Jurusan Kimia Analis foto bersama Koordinator Humas SMKN 4 Batam, Damri Junaidi Siahaan, dan Staf Humas, Muhajirin, serta Rusila. IST

Rustani Siswi dari SMKN 4 Batam

BATAM (HK) – Wajah Rustani Nainggolan pelajar kelas XI jurusan Kimia Analis dari SMKN 4 Batam terlihat penuh Sumringah. Ia merupakan satu-satunya pelajar dari Provinsi Kepri yang terpilih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk delegasi Indonesia ke Jepang mengikuti studi dalam Sakura Science High School Program (SSHP) 2019.

Direncanakan Rustani akan berada di Jepang selama sepekan. Namun terlebih dahulu ia akan mengikuti pembekalan di Jakarta selama 2 hari. “Kamis (4/7) dijadwalkan saya akan berangkat ke Jakarta, selama dua hari di Jakarta mengikut pembekalan dulu, baru diberangkatkan studi ke Jepang selama seminggu,” ujar cewek yang bercita-cita ingin jadi guru ini. Seraya mengatakan, bahwa dirinya terpilih dari hasil wawancara lewat telepon dan mengirimkan biodata dirinya.

Kegiatan SSHP sendiri merupakan program pemerintah Jepang yang mengundang siswa-siswa pendidikan menengah atas (SMA/SMK) di seluruh negara Asia. Untuk tahun ini dalam program SSHP, Indonesia hanya menyertakan 10 delegasi siswa-siswi tingkat SMK se Indonesia. Dan program SSHP ini setiap tahun diadakan dengan jumlah siswa yang dikirimkan disesuaikan dengan permintaan dari Jepang itu sendiri.

Tujuan dari program ini juga, untuk meningkatkan minat para pelajar terhadap ilmu pengetahuan khuhusnya di Jepang yang telah dikenal dengan kecanggihan teknologinya. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMK untuk berkunjung dan melihat langsung pembelajaran di Sekolah, Universitas , Lembaga penelitian dan perusahaan di Jepang.

Rustani sendiri mengaku bangga bisa terpilih, dan ia berencana di Jepang nanti akan memperkenalkan sekolahnya, serta seni budaya Indonesia. “Mungkin nanti saya akan memberikan performance sebuah tarian Batak, dan kaloborasi tarian daerah. Serta memperkenalkan hasil karya SMKN 4 Batam berupa Jahe Instan yang telah kita produksi cukup lama,” ucapnya.

Rustani merupakan siswa berprestasi kebanggaan SMKN 4 Batam yang berturut-turut meraih juara I dari kelas X hingga sekarang kelas XI. Ia juga kerap aktif diberbagai kegiatan di sekolah. “Harapan saya dengan terpilihnya di Sakura Science High School Program ini, kedepannya bisa menjadikan motivasi bagi teman-teman saya di sekolah. Dan hasil studi di Jepang nanti akan saya tularkan kepada teman-teman di SMKN 4 Batam,” harapnya. (men)

(Visited 220 times, 1 visits today)