29 Kloter Akan Diberangkatkan dari Batam

Rapat koordinasi teknis jelang keberangkatan jamaah calon haji musim haji 1440 H/2019 di Asrama Haji Batam, Rabu (3/7/2019). (feryheriyanto/haluankepri)

Rapat koordinasi teknis jelang keberangkatan jamaah calon haji musim haji 1440 H/2019 di Asrama Haji Batam, Rabu (3/7/2019). (feryheriyanto/haluankepri)

  • PPIH Batam Siap Beri Layanan Maksimal
  • Kloter 1 dan 2 Diberangkatkan Sabtu

Batam (HK) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam akan memberikan layanan maksimal untuk Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat melalui Embarkasi Batam pada musim haji 1440 H/2019 M ini. Demikian kesimpulan dari rapat koordinasi teknis keberangkatan JCH yang diselenggarakan PPIH Embarkasi Batam di Asrama Haji Batam, Rabu (3/7/2019).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I PPIH Embarkasi Batam, H. Zulkarnain Umar, didampingi Sekretaris PPIH Batam, H Afrizal, disampaikan, pada tahun ini, Embarkasi Batam akan melayani 29 Kloter JCH dari empat provinsi yakni Kepri, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

“Tahun ini Kepri akan memberangkatkan 1.505 JCH, Riau 5.329 JCH, Jambi 3.273 JCH, dan Kalbar 2.763 jamaah dengan petugas Kloter sebanyak 145 orang,” ucap Zulkarnain.

Dijelaskan, JCH Kepri berada dalam Kloter 1, 17, 28 dan 29. Lalu, Riau berada dalam Kloter 2 s.d 10, 18, 20, dan 29. Sedangkan Jambi berada dalam Kloter 21 s.d 28, dan, Kalbar berada dalam Kloter 11 s.d 16 dan 29.

“Khusus untuk JCH Riau dan Jambi, seluruh jamaahnya tidak masuk Asrama Haji Batam. Karena masuk dalam Embarkasi Antara, mereka hanya transit di Bandara Hang Nadim Batam untuk selajutnya diberangkatkan langsung ke Tanah Suci. Dengan demikian, JCH yang masuk Asrama Haji Batam hanya 11 Kloter,” terang Zulkarnain lagi.

Tahun ini, lanjutnya, seluruh jamaah akan diberangkatkan dengan pesawat Saudi Arabia Airlines 747 400.

Dipaparkan, semua persiapan keberangkatan jamaah, saat ini sudah hampir 90 persen. “Hanya tinggal beberapa hal pendukung. Insya Allah, semuanya sudah ready,” tambahnya lagi.

Kloter 1 dan Kloter 2, lanjut Zulkarnain, akan diberangkatkan pada Sabtu (5/7/2019). “Kloter 1 akan take off dari Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 06.00 WIB. Sedangkan Kloter 2 akan take off pukul 10.00 WIB,” ungkapnya.

“Menurut rencana, Kloter 1 yang merupakan JCH asal Kepri, akan dilepas oleh Gubernur Kepri di Asrama Haji Batam. Sedangkan, Kloter 2 karena masuk Embarkasi Antara, semuanya akan langsung berangkat pada hari yang sama,” tuturnya lagi.

Berdasarkan jadwal, JCH asal Anambas dan Lingga akan tiba di Asrama Haji Batam pada hari ini, Kamis (5/7/2019). Sedangkan JCH asal Kota Batam dan Natuna akan masuk Asrama Haji pada Jumat (5/7/2019).

Terkait rekam biometrik seluruh JCH, Zulkarnain mengatakan, semuanya sudah dilakukan. “Namun, khusus untuk JCH asal Natuna, akan dilakukan di Madinah setelah jamaah tiba di sana,” ujarnya menambahkan.

Dalam rapat yang diikuti oleh bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jamaah, Bidang Dokumen, Kesehatan, Perhubungan, Biro Kesra, Keamanan, Imigrasi, Pembekalan Petugas, Bea Cukai, termasuk pihak Asrama Haji dan konsumsi serta Bank BRI yang akan memberikan living cost untuk jamaah, semuanya menyatakan siap untuk memberikan layanan terbaik untuk seluruh jamaah.

“Semoga penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar. Mari kita berdoa, kita diberi kesehatan dan kemudahan dalam memberikan layanan kepada ‘tamu Allah SWT’,” pungkas Zulkarnain yang juga Kepala Kantor Kemenag Batam ini.

Sedangkan, Sekretaris PPIH Batam, H. Afrizal, menambahkan, untuk kelancaran penyelenggaraan, dia berharap semua PPIH untuk saling berkoordinasi dan berkomunikasi.

“Inilah kunci utamanya. Kerja kita Insya Allah akan menjadi amal jariyah dan diganjar pahala oleh Allah SWT,” tutupnya. (fhy)

(Visited 156 times, 1 visits today)