40 ASN Pemko Batam Tunaikan Ibadah Haji

Calon Jamaah Haji Embarkasi Batam tengah mengikuti bimbingan, sebelum bertolak ke tanah suci. NET

BATAM (HK) – Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Batam akan menunaikan ibadah haji pada tahun 1440 H/2019 ini. Dan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad beserta istri termasuk di dalamnya.

“Haji ini perjalanan yang cukup lama. Karena itu mari kita bekali diri dengan baik. Terutama bekal spiritual. Untuk menjalankan rangkaian ibadah haji,” kata Amsakar dalam acara manasik haji dan pelepasan calon jemaah haji ASN Pemko Batam di Aula Kantor Walikota Batam, Selasa (2/7).

Kegiatan manasik ini diharapkan dapat benar-benar menjadi bekal bagi ASN yang akan melakukan perjalanan spiritual ke kotanya umat muslim. Sehingga keberangkatan ini benar-benar bermutu ibadah yang baik. Apalagi bagi jemaah Indonesia yang butuh waktu belasan tahun mengantre keberangkatan haji.

Kepada sesama jemaah, ia berpesan untuk saling bekerja sama. Bagi jemaah yang secara fisik lebih kuat, diharap bisa membantu jemaah lain khususnya lanjut usia. Apabila ada masalah selama perjalanan, segera hubungi ketua regu, ketua rombongan, atau penanggung jawab kelompok terbang (kloter).

“ASN hakekatnya adalah abdi negara, abdi masyarakat. Kita yang 40 ini harus peduli dengan semua yang ada di sana. Yang paling penting, seperti yang Pak Wali sampaikan kemarin, kalau ada apa-apa informasikan ke saya. Karena kita sama-sama berangkat. Ada informasi segera sampaikan. Jangan sampai pimpinan kita di sini lebih dulu tahu daripada kita di sana,” ujarnya.

Dan ia mengajak para jemaah untuk bersama mendoakan Batam saat di tanah suci nanti. Sehingga apa yang sedang diperjuangkan demi kesejahteraan masyarakat saat ini bisa segera ada titik terang penyelesaiannya.

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung mengatakan 40 ASN Pemko Batam ini akan diterbangkan ke tanah suci dalam tiga kloter berbeda. Sebelumnya mereka juga sudah mendapatkan 10 kali manasik dari Kementerian Agama Kota Batam.

“Ditambah pembekalan yang kita adakan di PIH kemarin sekali bersama seluruh jemaah. Dan hari ini pemantapan khusus untuk ASN,” tutur Riama.

Perwakilan calon jemaah haji ASN, Jaslan menyampaikan terima kasih kepada Pemko Batam yang telah memberikan dukungan atas keberangkatan ini. Semoga mereka bisa menjadi haji yang mabrur.

“Mohon maaf sebesar-besarnya. Selama bertugas ada membuat kesalahan baik sengaja maupun tak sengaja. Kami sangat menyadari sebagai manusia biasa tak lepas dari silap dan salah. Mudah-mudahan Bapak Ibu semua dapat memaafkannya,” kata dia.

Selain itu ia juga meminta doa restu agar mereka diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan rangkaian ibadah. Tidak ada halangan selama perjalanan. Dan bisa pergi dengan selamat serta kembali dengan selamat pula. (mc)

(Visited 6 times, 1 visits today)