Kecamatan Siantan Utara Diresmikan

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, didampingi Sekretaris BNPP, Suhajar Dewantoro, dan Bupati Anambas, Abdul Haris, SH meresemikan Kecamatan Siantan Utara. (yudi/haluankepri.com)

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, didampingi Sekretaris BNPP, Suhajar Dewantoro, dan Bupati Anambas, Abdul Haris, SH meresemikan Kecamatan Siantan Utara. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Kecamatan Siantan Utara diresmikan oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Usai peresmian, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH melantik Camat Kecamatan Siantan Utara, Tarmidji yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Balitbangpeda KKA, di Piasan Desa Mubur, Rabu (4/7/2019).

Kecamatan Siantan Utara merupakan pemekaran dari Kecamatan Palmatak yang terdiri dari tiga desa yakni Desa Mubur, Desa Bayat dan Desa Pian Pasir. Dalam acara itu turut hadir Sekretaris BNPP, Suhajar Dewantoro.

Suhajar dalam sambutannya mengatakan, pemekaran ditujukan untuk memaksimalkan layanan pada masyarakat.

“Kita menyelesaikan pemekaran dua dari tiga kecamatan agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Camat di Kecamatan Serasan menguraikan, pemerintah pusat fokus dalam melaksanakan pembangunan dari pinggiran. Apalagi di tiga kecamatan ini langsung berbatasan dengan negara tetangga. Untuk kecamatan Jemaja Barat itu punya pulau Mangkai, Siantan Utara itu punya Tokong Nanas, dan Kute Siantan Nanti itu punya Tokong berlayar

“Harapan kita pemekaran yang dilakukan semakin membuat daerah semakin maju dan berkembang,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, camat yang baru dilantik diharapkan lebih peka dengan keluhan masyarakat,

“Pasang mata, telinga dan perasaan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada Camat untuk mempermudah dalam pengurusan perizinanz baik itu kepada masyarakat, maupun pada pengusaha yang ingin berinvestasi.

“Berikan kenyamanan dan kemudahan kepada masyarakat untuk pengurusan administrasi sebagai wujud dari pemekaran,”katanya.

Bupati KKA dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Gubernur Kepri Nurdin.

“Saya mewakili masyarakat Anambas mengucapkan terimakasih, kepada Sekretaris BNPP Suhajar Dewantoro, karena pemekaran dapat dilakukan berkat campur tangan beliau,” jelasnya.

Ia mengatakan, Kecamatan Kute Siantan tidak akan lama akan mekar, secara tekhnis mekarnya kecamatan dikarenakan peran serta Pemerintah dan DPRD KKA.

“Berkat susah payah kawan-kawan di DPRD akhirnya Kecamatan ini dapat dimekarkan,”tuturnya.

Haris menambahkan, Kecamatan Siantan Utara sudah diresmikan sudah sah dan pemerintahannya juga berjalan. Untuk itu kepada kepala desa diharapkan dapat membantu camat dalam bekerja agar dapat maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. (yud)