Pendaftar Jalur Zonasi Membludak

DAFTAR PPDB - Orang tua sedang mendampingi anaknya mendaftar di SMAN 5 Batam, Selasa (2/7). calon siswa yang mendaftar ke SMAN 5 Batam cukup membludak, hingga hari kemarin tercatat 650 calon siswa yang mendaftar, padahal sekolah hanya memiliki kuota 360 siswa. IST

PPDB di SMAN 5 Batam

BATAM (HK) – Calon siswa yang mendaftar jalur zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 5 Batam cukup membludak. Hingga Selasa (2/7), telah tercatat sebanyak 650 lebih calon siswa yang mendaftar, meski sekolah ini hanya menerima kuota sebanyak 360 siswaan.

PPDB dari hari pertama hingga hari kedua kemarin, orang tua murid calon siswa sudah mengantre sejak pukul 05.00 WIB dini hari di sekolah, dengan alasan takut kehabisan nomor antrian. Bahkan orang tua calon siswa yang turut mengantri sejak hari pertama, masih banyak yang belum teralayani, karena pihak sekolah membatasi pendaftaran setiap harinya.

“Iya nih saya dari kemarin mengantri, tapi belum dapat bagian untuk mendaftar karena setiap hari dibatasi, baru sekarang kita mendaftar lagi,” ujar Rahman salah seorang calon siswa yang mendaftarkan anaknya di SMAN 5 Batam, Selasa (2/7).

hal yang sama juga diakui Indra orang tua calon siswa asal SMPN 21 Batam. Ia mengaku dalam pendaftaran PPDB sistem zonasi ini baru dilakoninya dan mengantri cukup lama karena banyak yang mendaftar. “Hampir 3 jam saya nunggu karena antriannya banyak sekali, padahal saya kesini jam 6 pagi, tapi sudah banyak juga orang tua yang mengantri. Saya berharap anak saya diterima karena rumah saya satu kecamatan dengan sekolah ini,” katanya.

Sementara Andi orang tua calon siswa lainnya tidak mendafat nomor antrian pada hari pertama PPDB tersebut, karena datang agak siang sekitar pukul 10 siang. “Kemarin gak kebagian nomor antrian, mudah-mudahan sekarang dapat nomor antrian,” katanya saat ia turut mengantri sejak pukul 6 pagi.

Kepala Sekolah SMAN 5 Batam, Bahtiar MPd tak merasa kaget banyak orang tua yang mengantri PPDB ini, karena setiap tahun calon siswa yang mendaftar PPDB disekolahnya cukup membludak. Meski demikian proses pendaftaran masih panjang tersisa 4 hari lagi hingga tanggal 6 Juli mendatang. “Kemungkinan yang mendaftar pada hari ketiga hingga hari terakhir tidak akan banyak lagi, karena pada hari pertama dan kedua cukup membludak,” katanya.

Menurut Bahtiar, bahwa pendaftaran PPDB sistem zonasi ini diaplikasikan dengan menggunakan Google Maps untuk seleksi jarak tempat tinggal calon siswa baru. Dijelasknnya, untuk sistem zonasi sekolah lebih memprioritaskan siswa yang jarak dekat dengan sekolah yang akan terbaca secara otomatis melalui google maps tersebut.

“Jadi PPDB yang kita terapkan ini menggunakan tiga jalur, yaitu jalur zonasi, prestasi dan mutasi dengan total peserta didik baru yang diterima sebanyak 360 siswa. Intinya dalam penerimaan calon siswa baru jalur zonasi ini tidak menggunakan seleksi, namun mengutamakan jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah,” jelasnya.

Sedangkan untuk jalur prestasi, kata dia, khusus bagi siswa yang memiliki nilai terbaik pada saat ujian nasional dan prestasi di bidang lainnya seperti bidang olahraga, sains, seni budaya, keagamaan, bela negara nasionalisme dan kepramukaan. Sementara untuk jalur mutasi itu, calon siswa mengikuti orang tua pindah tugas dibuktikan dengan surat tugas. (men)