BPN Kebut Terbitkan 20 Ribu Sertifikat

Kepala BPN Kepri, Jemmy Dolly Manurung. (ilham/haluankepri)

Kepala BPN Kepri, Jemmy Dolly Manurung. (ilham/haluankepri)

KARIMUN (HK) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karimun menargetkan pemetaan 25.000 bidang tanah pada 2019 ini. Dari jumlah itu, yang akan diterbitkan sertifikatnya sebanyak 20.000. Jumlah kuota tersebut sudah ditentukan oleh BPN pusat.

“Tahun ini kami dapat target 25.000 bidang pemetaan tanah. Untuk penerbitan sertifikat sebanyak 20.000. Jadi tidak semuanya diterbitkan sertifikat. Jumlah itu sesuai yang ditargetkan oleh pemerintah pusat,” ungkap Kepala BPN Karimun Jemmy Dolly Manurung di kantornya belum lama ini.

Kata Jemmy, dari target tersebut baru terealisasi sebanyak 3.675 sertifikat, karena pihaknya baru memulai sejak Februari hingga Maret. Sebab, pada Januari pihaknya baru masih melaksanakan administrasi. Kemudian, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masing-masing kelurahan dan desa.

“Sertifikat yang telah kami terbitkan tersebut sudah tersebar di seluruh Kabupaten Karimun, termasuk juga di Pulau Ungar dan Pulau Kundur. Sebagian lainnya berada di Pulau Karimun. Memang, ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan, seperti susahnya menemui warga,” ujarnya.

Dikatakan, saat turun ke lapangan terkadang petugas hanya menemui tetangga pemohon sertifikat ataupun RT dan RW. Namun sayang, RT dan RW tidak boleh memaksakan untuk menentukan batas. Dengan adanya kendala itu, target untuk mencapai presentasi yang diharapkan akhirnya tidak terpenuhi.

“Pekan depan kami akan melakukan rapat evaluasi dengan Kanwil di Tanjungpinang. Kendalan itu nantinya akan kami sampaikan kepada pimpinan disana. Rapat evaluasi itu nantinya bakal dihadiri oleh Kakanwil hingga kementerian ATR/BPN. Biar nanti ada solusi dari permasalahan ini,” kata Jemmy. (ham)

(Visited 20 times, 1 visits today)