Jalan Rusak Karena Truk Proyek – Warga Tembesi Minta Walikota Turun ke Lokasi

Seorang pengendara motor sedang melintas di samping jalan yang rusak parah, yang disebabkan karena lalu lalang truk proyek. DEDI/HALUAN KEPRI

SAGULUNG (HK) — Warga Tembesi, Kecamatan Sagulung, khususnya yang tinggal di Perumahan Suka Maju dan Taman Anugerah mengeluhkan kondisi jalan menuju perumahan mereka yang rusak parah.

Keluhan tersebut datang, karena menurut mereka kerusakan bukan karena faktor alam tetapi karena lalu lalang truk proyek di sekitar perumahan mereka. Sehingga kenyamanan dan keselamatan mereka berkendara terganggu karena kondisi jalan yang kian rusak.

Selamat, salah seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan dulunya jalan mreka mulus, namun semenjak masuk mobil proyek pembangunan jalan, maka jalan masuk ke dua perumahan itu kian hancur dengan lubang.

“Kami maklum ada pembangunan jalan disana, tapi tolonglah diperhatikan jalan itu. Kami mau ngadu ke siapa lagi, kalo nggak ke pak Walikota Batam,” katanya.

Selama proyek berjalan, lanjutnya, warga setempat merasa kurang nyaman lantaran akses jalan berlumpur saat disiram dan banyak kubangan saat berlubang serta berlumpur saat hujan.

“Jalan berlumpur kalau disiram, dan banyak kubangan saat hujan, begitu juga kalau panas berdebu,” ungkapnya kepada awak media ini, Rabu (3/7) siang.

Tidak hanya kondisi jalan yang kian rusak, namun aktivitas truk cukup mengganggu ketenangan warga karena beroperasi hingga pagi.

“Sebenarnya jalan sudah diaspal, tapi karena banyak truk yang lewat jadi rusak lagi. Kalo sudah begini (rusak, red) kami mau lewat dari mana lagi pak,” ujarnya.

Warga pun berharap sekiranya proyek pembuatan ini berjalan, pemerintah kota Batam dapat meminimalisir kerusakan jalan. Karna jalan ini merupakan jalan satu-satu akses menuju ke dua perumahan tersebut.

Ketika ditanyakan kepada Hardianus, Sekretaris Kecamatan Sagulung terkait jalan tersebut kalau semakin hari semakin hancur, menyatakan kalau jalan tersebut sudah sempat dipantau pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam. Namun lanjutannya tak tahu lagi seperti apa progresnya.

“Kayaknya pihak DLH sudah pernah meninjau jalan rusak tersebut. Tapi tak tahu lagi seperti apa progres kedepannya,” ucapnya singkat di kantor Camat Sagulung. (ded)

(Visited 8 times, 1 visits today)