Jumlah Calon Siswa Ambil Antrian di SMAN 3 Batam Mencapai 932 – Kuota Diterima Dibatasi Hanya 252 Siswa

Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Batam, Edison Doloksaribu SPd MM, sedang mendampingi Panitia PPDB saat memberikan penjelasan pada orang tua calon siswa yang mendaftar pada PPDB zonasi hari ketiga, Rabu (3/7). Untuk memudahkan pandaftaran, Panitia membuka 8 konter pendaftaran. IST

BATAM (HK) – Minat calon siswa yang ingin mendaftar ke SMAN 3 Batam cukup tinggi. Berdasarkan keterangan dari Panitia PPDB SMAN 3 Batam, hingga Rabu (3/7), nomor antrian yang telah diambil calon siswa mencapai 932 lembar. Kendati demikian, panitia masih terus membuka pendaftaran hingga batas waktu ditentukan hingga tanggal 6 Juli mendatang.

Namun untuk memperlancar proses pendaftaran calon siswa ini, pihak sekolah sendiri telah membagi beberapa konter pendaftaran diantaranya 4 konter untuk PPDB jalur zonasi, 2 konter bagi PPDB jalur prestasi, 1 konter bagi PPDB jrusan bahasa, dan 1 konterlagi bagi siswa pindahan. Untuk kenyamanan calon siswa yang mendaftar, panitia juga menyediakan kursi tunggu, serta menempatkan layar monitor besar untuk melihat secara real time calon siswa yang mendaftar ke SMAN 3 Batam.

“Kita tidak membatasi jumlah calon siswa yang mendaftar akan kita terima seberapa banyakpun. Karena nanti siswa yang kita terima itu akan diseleksi berdasarkan hasil verifikasi dilakukan sistem yang mengacu pada jarak terdekat tempat tinggal calon siswa,” ujar Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Batam, Edison Doloksaribu SPd MM didampingi Waka Humas, Midiyanto SPd, kepada Haluan Kepri disela-sela pendaftaran PPDB hari ketiga, Rabu (3/7).

Sementara di PPDB zonasi ini SMAN 3 Batam mencakup dua wilayah, yakni Kecamatan Batam Kota dan Batu Besar. Maka tidak heran bila calon siswa yang mendaftar cukup membludak dikarenakan jangkauan penduduk cukup luas, dan SMP juga cukup banyak.

Kendati demikian ditegaskan Edison, bahwa tahun ini SMAN 3 Batam hanya menerima 252 siswa baru yang terbagi dalam PPDB zonasi 173 siswa, jurusan bahasa 36 siswa, PPDB jalur prestasi akademik 16 siswa, PPDB jalur prestasi non akademik 16 siswa, dan kuota pindahan 11 siswa. Untuk ke 252 siswa diterima tersebut, nantinya akan terbagi dalam 7 lokal kelas tersedia dengan formasi 36 siswa perkelasnya.

“Artinya siswa yang diterima ini disesuaikan dengan jumlah lokal kelas yang tersedia. Kalau lebih dari pada itu, kita bingung anak mau ditempatkan dimana. Kecuali orang tua bersedia membangun lokal baru, karena guru kita mencukupi. Tapi biasanya orang tua tidak komitmen, awalnya bersedia setelah nanti anak diterima malah mengelak dengan berbagai alasan. Itu yang kita hindari bisa merepotkan pihak sekolah,” tandasnya lagi. (men)

(Visited 35 times, 1 visits today)