KPUD Tunda Penetapan Jumlah Kursi dan Calon Terpilih

Jupri Budi, Ketua KPUD KKA. (yudi/haluankepri.com)

Jupri Budi, Ketua KPUD KKA. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terpaksa menunda penetapan jumlah kursi partai dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) daerah itu yang direncanakan dilakukan pada Kamis (4/7). Pasalnya, sesuai dengan surat dari KPU RI masih menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang penetapan Kabupaten/Kota yang tidak bersengketa.

Jupri Budi, Ketua KPUD KKA, Kamis (4/7/2019), mengakui apabila perubahan jadwal yang terjadi tiba-tiba dikarenakan instruksi dari KPU RI.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak dapat memastikan kapan penetapan dilakukan, karena tergantung dari KPU RI. Namun, pihaknya berharap penetapan dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan esok, Jumat (5/7/2019) surat MK sudah dapat diterima KPU RI dan dapat diteruskan ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Ia melanjutkan, salah satu alasan KPU RI menunda penetapan Caleg terpilih yaitu mempersiapkan data, dan menunggu keputusan MK untuk menetapkan kabupaten/kota yang tidak memiliki sengketa Pileg.

“Instruksinya seperti itu, sesuai surat yang kita terima. Nanti akan ada data kabupaten/kota yang memiliki sengketa dan tidak memiliki sengketa. Kalau itu sudah ditetapkan MK, baru kita bisa melakukan pleno,” paparnya.

Ia menambahkan, sesuai informasi yang diterima KPU, penetapan kabupaten/kota yang tidak memiliki sengketa dilakukan paling lambat 9 Juli mendatang. (yud)

(Visited 134 times, 1 visits today)