PLBN Serasan Segera Dilaksanakan

Wajah Anggota DPRD Natuna, Pang Ali

NATUNA (HK)- Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna akhirnya bisa segera dilaksanakan. Permasalahan lahan yang sebelumnya menjadi dilema bagi warga sekitar, sekarang tidak ada lagi persoalan.

Sejak ditetapkan oleh Pemerintah Kecamatan Serasan menjadi pusat pembangunan PLBN, pelabuhan ini dibangun untuk mempermudah masyarakat Natuna melakukan transaksi jual-beli dengan warga negara Malaysia di bagian timur dengan cara legal.

“Alhamdulillah pembangunan PLBN tidak ada permasalahan lagi, hanya tinggal dibangun saja,” kata Pang Ali Anggota DPRD Natuna, Pang Ali di kantornya, kemarin.

Pang Ali mengatakan, terkait permasalahan lahan tidak ada lagi. Pemkab Natuna sudah menyiapkan 4 hektare lahan untuk pembangunan sarana lintas batas itu.

“Lahan sudah disiapkan di dua lokasi. 1 hektare di sekitaran pelabuhan dan 3 hektare berada di luar komplek Pelabuhan Serasan, tepatnya di wilayah Setanting, Serasan,” jelasnya.

Informasi pembangunan PLBN itu akan dibangun tahun ini di Serasan dengan anggaran APBN. Besaran anggarannya sekitar Rp30 miliar dengan model PLBN Tipe C.

PLBN yang memiliki fungsi utama sebagai Pos Kepabeanan, Keimigrasian, Karantina dan Keamanan hingga kini belum bisa berdiri di Kecamatan Serasan untuk menopang ekonomi masyarakat.

Sementara itu, hal yang sama disampaikan Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Natuna, Idris.
Ia mengatakan lahan untuk pembangunan PLBN di Kecamatan Serasan tidak ada persoalan karena akan dibangun di atas lahan milik pemerintah atau Kementerian Perhubungan.

“Jadi untuk masalah lahan PLBN di Serasan tidak ada masalah. Semuanya sudah selesai, tinggal pembangunannya saja. Sebab lahan yang akan dipergunakan adalah lahan milik pemerintah, bukan masyarakat. Jadi kita tidak ada pembebasan lahan lagi. Hanya saja kita diminta mendata pemukiman warga yang terkena dampak untuk pembangunan PLBN tersebut,” ujar Idris.(fat)

(Visited 25 times, 1 visits today)