Tanjungpinang Siap Menuju Smart City

Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma menyampaikan sambutan dalam kegiatan acara persiapan Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City di Kantor Walikota, kemarin.(ist)

TANJUNGPINANG (HK)- Kota Tanjungpinang menyatakan siap menuju Smart City seperti yang disampaikan Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma.

Hal itu disampaikan Rahma dalam memimpin kegiatan acara persiapan Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Walikota, kemarin.

Rahma dalam sambutannya menguraikan, Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika, Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian PUPR, dan Kantor Staf Kepresidenan.

“Gerakan tersebut bertujuan membimbing kota/kabupaten dalam menyusun rencana (masterplan) Smart City agar mampu memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan dalam masyarakat mau pun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah,” ucap Rahma.

Program gerakan menuju 100 Smart City telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 dengan memilih kabupaten/kota, tahun 2017/25 kabupaten/kota, tahun 2018/50 kabupaten/kota dan tahun 2019/minimal 25 kabupaten/kota, dan Kota Tanjungpinang terpilih setelah mengikuti proses penilaian (assessment) yang sudah berlangsung pada 21-22 Februari 2019 di Gedung Pusat TIK Nasional Tanggerang Selatan, yang dihadiri langsung Walikota Tanjungpinang, Syahrul.

Usaha menjadi kota cerdas tentunya tidak cukup dilakukan dalam 1 tahun 2019 saja, dalam hal ini Pemerintah Kota Tanjungpinang telah berkomitmen mengikuti program gerakan menuju 100 smart city tahun 2019 tidak lepas dari dukungan semuanya.

“Kita akan mulai laksanakan pada 8-9 Juli 2019 nantinya. Sehingga dituangkan juga dalam Kputusan Walikota Tanjungpinang Nomor 286 dan 287 tahun 2019 tentang Dewan Tanjungpinang Kota Cerdas dan tentang tim pelaksana Tanjungpinang Kota Cerdas,” pungkas Rahma.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim, mengatakan di dalam terlaksananya acara persiapan penyelenggaraan bimbingan teknis tahap I gerakan menuju 100 Smart City Kota Tanjungpinang 2019 merupakan salah satu konsep pengembangan kabupaten/kota berdasarkan prinsip teknologi informasi yang dibuat untuk kepentingan bersama secara efektif dan efesien.

“Ada pun hasil yang dicapai Kota Tanjungpinang dalam terpilih dalam program menuju gerakan 100 Smart City tahun 2019 ini akan melakukan pendampingan melalui Kemenkominfo untuk mewujudkan Kota Cerdas di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Wakil Ketua I DPRD kota Tanjungpinang, Ade Angga, yang mewakili unsur DPRD Kota Tanjungpinang menyampaikan ikut mendukung penuh dengan program gerakan menuju 100 smart city Kota Tanjungpinang 2019.

“Semoga kedepannya kita sudah dapat menerapkan dan menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai mall pelayanan publik, karena kita juga menerapkan integrasi antara IT dengan prinsip-prinsip smart government transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik,” tutupnya.(rco)