Calon Siswa Mendaftar di SMKN 2 Batam Terjadi Penurunan – Jurusan Tata Boga Banyak Diminati

DAFTAR PPDB - Panitia PPDB SMKN 2 Batam sedang sibuk melayani calon siswa yang mendaftar pada hari keempat pendaftaran, Kamis (4/7). Calon siswa yang mendaftar pada PPDB SMKN 2 Batam tahun ini mengalami penurunan dikarenakan penerapan PPDB zonasi penuh diberlakukan untuk PPDB SMA yang hanya boleh mendaftar pada satu sekolah dengan dua pilih Sekolah. Arment Aditya

BATAM (HK) – Calon siswa yang mendaftar di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini di SMKN 2 Batam mengalami penurunan. Pada tahun lalu saat PPDB dibuka calon siswa yang mendaftar cukup membludak mencapai 800 lebih. Namun pada PPDB tahun ini hingga memasuki hari keempat baru tercatat 560 pendaftar pada 5 jurusan yang diterapkan.

Namun demikian SMKN 2 Batam ini masih dipavoritkan masyarakat Batam, terbukti banyak calon siswa yang mendaftar dari daerah Nongsa, bahkan ada beberapa siswa yang mendaftar berasal dari Kecamatan Sagulung. Sementara dari sekian banyak siswa mendaftar itu, ternyata untuk jurusan Tata Boga cukup banyak peminatnya, kedua jurusan Perhotelan, ketiga jurusan Pariwisata, keempat jurusan Tata Busana, dan kelima jurusan Tata Rias yang baru tahun ini dibuka.

“Mungkin penurunan jumlah calon siswa yang pendaftar tahun ini dikarenakan PPDB diberlakukan itu menerapkan zonasi penuh. Jadi siswa hanya bisa mendaftar hanya satu sekolah saja dengan dua pilihan sekolah. Beda dengan tahun sebelumnya, ketika calon siswa mendaftar di SMA yang mengunakan PPDB dengan seleksi nilai, bila tidak diterseleksi bisa mendaftar lagi ke SMK,” ujar Ketua Panitia PPDB SMKN 2 Batam, Kamaludin MPd, disela-sela mengatur PPDB di sekolahnya, Kamis (4/7).

Menurutnya, pola PPDB diterapkan tahun ini kauh lebih baik dari sebelumnya selain lebih teratur juga memudahkan Panitia dalam bekerja dan sistem juga bekerja dengan baik tidak pernah bermasalah. Apalagi penyeleksian dilakukan oleh sistem yang bekerja.

Kendati demikian, lanjut Kamal, sekolah juga melakukan tahapan seleksi, mulai dari verifikasi dana, tes minat bakat dan wawancara. serta seleksi nilai berdasarkan perangkingan. “Intinya kita terapkan PPDB sesuai aturan diterapkan. Apalagi PPDB ini ada pengawasan dari saber dan lembaga lainnya, jadi benar-benar PPDB kita terapkan terbuka dan transparan.’jelasnya

Lanjut Kamal, bahwa tahun ini SMKN 2 Batam menerima 446 siswa yang akan ditempatkan pada 13 lokal kelas tersedia terbagi dalam 5 jurusan. “Hasil dari PPDB ini akan kita umumkan pada tanggal 7 Juli, dan daftar ulang pada 8 Juli hingga 10 Juli, selanjutnya kdilakukan kegiatan MPLS selama tiga hari. Dan semua siswa belajar pagi tidak ada lagi yang masuk siang,” ucapnya lagi.

 

(Visited 39 times, 1 visits today)