Hari Ini, Seluruh JCH Kloter 1 Masuk Asrama

JCH Kabupaten Lingga saat tiba di Asrama Haji Batam, Kamis (4/7/2019). (istimewa)

  • Pagi Besok Kloter 1 dan 2 Diberangkatkan ke Tanah Suci

Batam (HK) – Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Batam, hari ini, Jumat (5/7/2019) sudah berada di Asrama Haji Batam. Kloter 1 merupakan JCH asal Kepri gabungan dari Kota Batam, Kabupaten Anambas, Lingga, dan Natuna. Sesuai jadwal, Kloter 1 akan diberangkatkan ke Tanah Suci besok pagi, Sabtu (6/7/2019) pada pukul 06.00 WIB dengan pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV 5005 langsung ke Madinah.

Kemarin, Kamis (4/7/2019), JCH asal Kabupaten Anambas dan Lingga sudah lebih dulu tiba di Asrama Haji Batam. Dan hari ini, JCH Kota Batam dan Natuna akan masuk Asrama Haji Batam.

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, H. Afrizal, dilansir humas PPIH Batam, kedatangan JCH Anambas dan Lingga memang lebih cepat dari Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) yakni tanggal 5 Juli 2019.

“Ini karena JCH Anambas akan melakukan rekam biometrik di Asrama Haji Batam. Sedangkan JCH Lingga lebih dikarenakan transportasi. Lebih cepat tiba di Asrama Haji agar jamaah bisa istirahat cukup,” jelas H. Afrizal.

Dia melanjutkan, pada hari ini (Jumat, red), setelah seluruh jamaah tiba di Asrama Haji Batam, segala persiapan untuk keberangkatan akan dilakukan, seperti, pembekalan petugas kloter, cek kesehatan jamaah, pemberian living cost, pemberian gelang jamaah, dan lainnya.

“Kami berharap, seluruh hal yang berkaitan dengan jamaah, sudah siap jelang keberangkatan. Dan jamaah kami minta untuk tetap menjaga kesehatan,” ucap Afrizal yang juga Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kepri ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Anambas, H. Erizal Abdullah, yang ikut mendampingi 31 orang jamaah asal kabupaten termuda di Kepri itu, mengatakan, JCH Anambas dilepas oleh Bupati Anambas, Abdul Haris, SH.

“Jamaah berangkat dari Anambas dengan pesawat Pelita Air. Sampai di Asrama Haji disambut oleh PPIH Embarkasi Batam. Terima kasih atas sambutan dan layananya,” ucap H. Erizal.

“Semoga jamaah Anambas memperoleh haji mabrur,” ucap mantan Kepala Kantor Kemenag Batam ini.

Pada Kamis siang kemarin, sebanyak 45 JCH asal Lingga juga masuk ke Asrama Haji Batam. Kabag Kesra Setda Lingga, melalui M.Nuur, seperti dilansir humas kemenag Lingga mengatakan, JCH Lingga diinapkan satu malam di Asrama Haji Batam.

“Berdasarkan SPMA, seharusnya jamaah kita masuk Asrama Haji Batam pada 5 Juli 2019 pukul 08.00 WIB. Mengingat kondisi jamaah yang menempuh perjalanan laut sekitar empat jam, dikhawatirkan jamaah capek. Untuk itu kita berikan kesempatan istirahat satu hari agar kondisi jamaah lebih prima,” ungkap M.Nuur.

Sedangkan Kakan Kemenang Lingga, HM Nasir, S.Ag, MH, di sela-sela kedatangan jamaah Lingga di Asrama Haji Batam, berharap seluruh jamaah Lingga sehat walafiat dan bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji nantinya.

Menurut rencana, Kloter 1 akan dilepas oleh Gubernur Kepri di Asrama Haji Batam pada Sabtu (6/7/2019) dinihari nanti.

Dan berdasarkan jadwal, seiring keberangkatan Kloter 1, JCH Kloter 2 juga diberangkatkan besok pagi, Sabtu (6/7/2019) pada pukul 10.00 WIB. Kloter 2 merupakan JCH asal Riau. Karena masuk dalam ‘Embarkasi Antara’, JCH Kloter 2 hanya transit di Bandara Hang Nadim, kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke Madinah. Kloter 2 akan berangkat dengan pesawat Saudi Arabian no penerbangan SV 5007. (fhy)

(Visited 21 times, 1 visits today)