125 KM Jalan Lingkungan Dibangun Tahun Ini

BATAM (HK) – Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Disperakimtan) kembali melakukan pembangunan jalan lingkungan. Tahun ini total 125,977 kilometer jalan yang dibangun oleh Disperakimtan.

“Volume paling besar di Kecamatan Galang, mencapai 27,36 km,” kata Kepala Disperakimtan Batam, Eryudhi Apriadi di Batam Centre, Jumat (5/7).

Selanjutnya di Kecamatan Sagulung, Disperakimtan akan membuat jalan lingkungan sepanjang 18,517 km. Pembangunan jalan lingkungan di Kecamatan Batamkota, Bengkong, dan Sekupang berturut-turut 13,142 km, 12,483 km, serta 11,107 km. Sedangkan di tujuh kecamatan lain, volumenya rata-rata di bawah 10 km.

“Sekarang sedang proses lelang. Sementara itu, tim kita dari Bidang Permukiman juga sudah melakukan survei lapangan. Seperti akhir Juni lalu tim turun ke Seilangkai,” tuturnya.

Selain membangun jalan lingkungan, Disperakimtan juga melakukan pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi drainase. Menurut Eryudhi, total panjang drainase yang dikerjakan pihaknya tahun ini mencapai 70,831 km.

Volume terbesar ada di Kecamatan Sagulung, 18,116 km. Kemudian di Kecamatan Batamkota sepanjang 10,722 km. Selebihnya berkisar 2-8 km per kecamatan. Hanya di Kecamatan Bulang dan Belakangpadang yang tak sampai 1 km pekerjaan drainasenya.

“Setiap tahun selalu kita programkan pekerjaan jalan lingkungan dan drainase ini. Baik yang dilaksanakan langsung oleh Disperakimtan ataupun melalui PIK (Program Pemberdayaan Masyarakat Percepatan Infrastruktur Kelurahan). Ini semua untuk mewujudkan pengelolaan dan penataan perumahan, kawasan permukiman, beserta sarana dan prasarana pendukung yang berkualitas berkelanjutan,” kata dia. (mc)