23 Paslon Pengantin Ikut Bimwin

Kemenag menggelar acara Bimbingan Kawin (Bimwin) kepada sejumlah pasangan calon pengantin.

NATUNA (HK)- Sebanyak 46 orang dari 23 pasangan calon (paslon-red) pengantin mendapatkan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah (Bimwin) yang diadakan Kementerian Agama Kabupaten Natuna.

Kegiatan bimbingan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, diikuti oleh 23 pasangan calon pengantin yang telah mendaftar ke KUA dan pasangan muda mudi yang baru saja menikah.

“Maksud dan tujuan diadakannya Bimwin ini agar dapat menuju keluarga yang kokoh, sakinah, sehat, serta dapat menghadapi komflik dalam keluarga,” kata Muhammad Sabirin, Panitia penyelenggara saat ditemui ruang kerjanya, kemarin.

Sabirin mengatakan, kegiatan ini merupakan tahap awal bimbingan pra nikah yang dilakukan pihak Kamenag pada tahun 2019. Kegiatan ini akan berlangsung selama empat tahap lagi sampai akhir Desember 2019 nanti.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat dan diikuti dengan serius oleh peserta calon penganten mau pun pasangan muda,” ucapnya.

Kegiatan ini menghadirkan 6 orang narasumber. Di antaranya, Ibu Raja Peni dari (KPAAD) Kabupaten Natuna, Kepala KUA Bunguran timur, Muhammad Sabirin, Kasi Bimas Kamenag Natuna, Kasubag Tata Usaha Kamenag Natuna, Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna Ahmad Husen.

Sementara pemaparan dari narasumber Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Ibu Daeng Zulianti mengatakan pola hidup sehat banyak yang belum dimengerti oleh para pasangan calon pengantin, termasuk asupan gizi yang sehat menjadi pengetahuan bagi yang lainnya.

“Pada sosialisasi tersebut, kita lebih memperkenalkan tentang lingkungan dan keluarga sehat, mulai dari cara berhubungan sehat, memelihara janin pada awal kehamilan sampai melahirkan agar si bayi dapat asupan gizi yang sehat, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih baik dan tidak menjadi bayi kerdil (kurang gizi tidak sehat) yang pernah terjadi di berbagai daerah di Indonesia, sehingga rencana program keluarga tercapai dengan baik,” tutupnya.(fat)