Imigrasi Cekal 13 TKI Ilegal

TKI ILEGAL - Proses pemulangan TKI ilegal di Kantor Imigrasi Karimun. Para TKI ilegal berupaya memperdaya petugas agar bisa menyebrang ke negeri tetangga. ILHAM/HALUAN KEPRI

KARIMUN (HK)-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun telah memulangkan 13 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke daerah asal masing-masing. Sebelum dipulangkan, pihak Imigrasi telah melakukan pencekalan paspor mereka, untuk mencegah ke luar negeri. TKI ilegal yang dipulangkan tersebut sebelumnya diamankan Lanal Tanjungbalai Karimun di Perairan Pulau Asam.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Baran Daru mengatakan, pemulangan 13 TKI yang mengalami masalah keimigrasian itu telah dipulangkan ke kampung halamannya pada Sabtu (6/7) lalu. Mereka terdiri dari 11 orang dewasa dan 2 orang anak-anak.

“Sebelum kita pulangkan, semua TKI yang mengalami masalah kemigrasian itu sudah kita periksa, bahkan telah kita buat berita acara pemeriksaan (BAP). Setelah itu, mereka langsung kita pulangkan ke daerah asal. Mereka rata-rata berasal dari Jawa Timur dan kebanyakan dari Madura,” ungkap Baran Daru, Senin (8/7).

Baran Daru menyebut, para TKI Ilegal tersebut dimasukkan dalam daftar cekal paspor selama 6 bulan sampai 2 tahun. Pencekalan itu, guna mencegah para pekerja ilegal untuk tidak kembali bekerja sebagai TKI. Dijelaskan, alasan para TKI pulang ke Indonesia melalui jalur tak resmi karena tidak memiliki izin resmi sejak masuk ke Malaysia. Selain itu, dan juga masa berlaku paspor telah habis.

“Mereka ada yang masuk ke Malaysia secara ilegal, dan juga masa berlaku paspornya sudah habis. Karena takut ditangkap, sehingga mereka pulang melalui jalur tikus. Namun, saat perjalanan dari Malaysia ke Indonesia, mereka diamankan oleh Lanal Karimun yang tengah melakukan patroli,” ujarnya.

Sebelumnya, Lanal Tanjungbalai Karimun mengamankan 13 orang warga negara Indonesia yang diduga sebagai TKI ilegal. Mereka diamankan di Perairan Pulau Asam Kabupaten Karimun sekitar pukul 23.30 WIB. Selain para TKI, petugas juga berhasil mengamankan dua paket ganja dan sabu-sabu diatas kapal yang digunakan untuk menyeludupkan TKI itu. (ham)

(Visited 15 times, 1 visits today)