Pasar Daik Dibangun Tanggul – Penahan Tanah

BANGUN TANGGUL- DPUPR PKP menggelar pertemuan bersama masyarakat terkait rencana pembangunan tanggul di Pasar Daik.

LINGGA (HK)- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga membangun tanggul penahan tanah di lokasi Pasar Daik, Kampung Cina. PU menyiapkan pagu anggaran lebih kurang Rp10 miliar untuk pembangunan tersebut dari Dana Insentif Daerah (DID).

Kepala DPUPR-PKP Lingga melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Syarifuddin mengatakan pembangunan direncanakan pihaknya selesai pada Desember mendatang dengan panjang 375 meter.

“Jadi di dalam pembangunan tanggul penahan tanah Pasar Daik itu akan dikerjakan sekaligus. Di situ ada pembangunan drainase juga,” kata Syarifuddin, Senin (8/7).

DPUPR-PKP, terang Syarifuddin, juga sudah melaksanakan sosialisasi kepada warga setempat terkait pembangunan itu. Sosialisasi langsung dihadiri Camat, Lurah dan RT.

Selama sosialisasi, warga yang berada di pemukiman pasar sangat mendukung. Mereka masing-masing bersedia serta menghibahkan sedikit tanah untuk tanggul ini.

“Alhamdulillah masyarakat sangat mendukung. Kami sangat mengapresiasi sekali,” tuturnya.

Menurut Syarifuddin, pembangunan tanggul dilakukan karena mengingat lokasi Pasar Daik sebelumnya merupakan pusat perbelanjaan yang ada di ibukota kabupaten. Pasca kebakaran beberapa tahun silam, aktivitasi perekonomian di lokasi cukup terbilang mati.

“Ini untuk penataan di lokasi Pasar Daik. Karena di depan lokasi itu, Pemkab Lingga akan membuat pusat Kota Madani. Insyaallah kedepan tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan lagi,” terangnya.

“Untuk pengerjaan juga sudah dimulai dan didampingi TP4D dari Kejaksaan,” tambahnya.

Diketahui, selain pembangunan tanggul, DPUPR-PKP Lingga pada tahun 2019 juga kembali melanjutkan beberapa pekerjaan proyek. Satu di antaranya adalah kelanjutan pelebaran normalisasi sungai di Kampung Seranggung.(jfr)