Pemprov Kepri Diminta Segera Terapkan Perda Bangunan Berciri Khas Melayu

SIDANG Paripurna DPRD Provinsi Kepri. Foto:Eva/Fransiska/Haluan Kepri

TANJUNGPINANG (HK)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Kepri meminta pemerintah Provinsi Kepri segera menerapkan pelaksanaan Perda Bangunan Berciri Khas Melayu di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Pansus Bangunan Berciri Khas Melayu di Provinsi Kepri, Burhanuddin Nur pada paripurna pandangan akhir fraksi di DPRD Kepri,Selasa (9/7).

“Kami minta jajaran OPD di lingkungan Provinsi Kepri dan instansi pemerintah lainnya dapat segera menerapkan perda ini,” ungkap Burhanuddin Nur.

Baik itu dengan menggunakan arsitektur dan corak khas Melayu pada bangunan perkantoran yang ada di Provinsi Kepri.

“Dengan begitu, akan menjadi identitas dan ciri khas Melayu ada di setiap kantor pemerintah di Provinsi Kepri,” tegas Burhanuddin Nur.

Tak hanya perkantoran, lanjut Burhanuddin Nur penerapan Perda Bangunan Berciri Khas Melayu juga diharapkan ada di setiap balai adat yang ada di setiap kabupaten kota se Provinsi Kepri.

“Kecuali pada perumahan dan rumah pribadi masyarakat belum diwajibkan menerapkan perda ini,” tambah Burhanuddin Nur.

Untuk itu, Burhanuddin Nur meminta pemerintah Provinsi Kepri khususnya Gubernur Provinsi Kepri untuk dapat mengingatkan OPD-OPD dan seluruh instansi pemerintah lainnya untuk mulai menerapkan perda ini.

“Kami yakin dengan arahan pak gub, penerapan Perda ini dapat segera terealisasi,” jelas Burhanuddin.

Burhanuddin Nur mengharapkan, dengan diterapkannya Perda ini juga, kita harapkan provinsi Kepri dapat melestarikan dan menjaga budaya Melayu.

“Hal ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kepri sendiri yaknienjadi bunda tanah Melayu,” ungkap Burhanuddin Nur.(Efr)

(Visited 22 times, 1 visits today)