Pengedar 152 Pil Ekstasi Diringkus

AKP RMD ramdhanto.. Kasatres Narkoba Polres Tanjungpinang.Foto:Asfanel/Haluan Kepri

TANJUNGPINANG (HK) – HAP, tersangka dugaan pengedar sebanyak 152 pil Ekstasi merk Lego berhasil diringkus anggota Satres Narkoba Polres Tanjungpinang di rumahnya di jalan Sultan Syahril Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang, jum’at (5/7) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari

“Pengungkapan tersangka HAP merupakan pengembangan dari penangkapan dua tersangka sebelumnya yakni RZ dan AG yang ditangkap didua tempat kejadian (TKP) berbeda,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalhi melalui Kasatres Narkoba, AKP R Moch Dwi Ramadhanto, Selasa (9/7).

Diterangkan, pengungkapan kasus tersebut berawal adanya informasi masyarakat adanya seorang pria sesesuai ciri-ciri diperoleh, tengah menguasai narkoba jenis ekstasi di Peralatan, tidak jauh dari kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Kilomter 7 Tanjungpinang.

“Informasi tersebut langsung kita tindak lanjuti melalui proses penyelidikan di lapangan. Akhirnya kita berhasil menangkap tersangka RZ bersama barang bukti sebanyak 10 butir ekstasi warna biru. Tersangka ini ternyata termasuk target operasi (TO) kita selama ini,” ucap Ramadhanto.

Dari pengembangan terhadap tersangka RZ, kata Ramadhanto, berselang beberapa jam kemudian, pihaknya berhasil menangkap tersangka AG di jalan Ganet, Kilometer 11 Tanjungpinang bersama barang bukti ekstasi sebanyak 2 butir.

“Berdasarkan pengakuan kedua tersanka (RZ dan AG), akhirnya kita mendapati tersangka HAP di kawasan jalan Tanjung Unggat. Hasil penggeledahan di rumah tersangka, kita menemukan sebanyak 147 butir ekstasi warna biru dan 5 butir ekstasi warna kuning. Sehingga total sebanyak 152 butir ekstasi,” jelas Ramadhanto,

Sebelum menangkapan ke tiga tersangka sebangai pengendar dan pemilik narkotika jenis ekstasi tersebut. terangkan Ramadhanto, pihak juga berhasil menangkap dua tersangka kepemilikan narkoba jenis sabu, yakni MA dan CT. Kedua tersangka ini juga sudah mejadi TO Satres Narkoba Polres Tanjungpinang selama ini

“Tersangka MA kita tangkap di rumah kosan Setiya Jaya, jalan Kwantan Kilometer 7 Tanjungpinang, Kamis (4/7) sekitar pukul 23.00 WIB. Hasil penggeledahan di rumah tersangka ini, kita temukan barang bukti sabu seberat 0,15 gram disimpan di bawah bantal dalam kamarnya,” kata Ramadhanto.

Berselang beberapa jam kemudian, lanjut Ramadhanto, pihaknya kemudian kembali mendapatkan informasi adanya seseorang kepemilikan narkoba jenis sabu. Hasil penyelidikan di lapangan, didapati tersangka CT di jalan DI Panjaitan Kilometer 7 Tanjungpinang bersama barang bukti sabu seberat 0,93 gram.

“Jadi dalam waktu dua hari (Kamis dan Jum’at) tersebut, kita berhasil mengamankan sebanyak 5 orang tersangka dugaan kasus narkoba. Kelima tersangka saat ini sudah kita amankan guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut,” ujar Ramadhanto.

Perbuatan masing-masing para tersangka dapat jerat sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 112 junto pasal 114 Jo Pasal 127 UU tentang Narkotika.

“Sebagian dari tersangka tersebut ada yang kita jerat sebagai pengedar dan ada juga sebagai pengguna narkotika,” pungkasnya.(nel)

(Visited 58 times, 1 visits today)