Komisi II Berang, OPD Mangkir Saat Diundang RDP

H. Dhannun, Ketua Komisi II DPRD KKA (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berang. Pasalnya dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipanggil untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) tidak hadir. Apalagi RDP yang akan dilakukan sangatlah penting untuk kemajuan Anambas.

H. Dhannun, Ketua Komisi II DPRD KKA, menyesalkan ketidakhadiran OPD yang bersangkutan, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan DKUMPP.

“Untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepala Dinasnya sedang pendidikan, sedangkan sekretaris sedang fokus mempersiapkan Festival Padang Melang,”ujar Dhannun, kepada sejumlah wartawan, Rabu (10/7)

Untuk Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) itu Kepala Dinasnya sedang DL dan sekretarisnya akan berangkat hari ini sehingga tidak dapat hadir.

“Mereka hanya mengirim Kabid, untuk RDP, jadi bagaimana mau pembahasan dan ambil keputusan, Sekretarisnya alasan mau berangkat, memang luar biasa,” katanya dengan nada kesal.

Didampingi Wakil Ketua Komisi II Jasril Jamal dan anggotanya, Yulius,SH, Politisi Partai Persatuan Pembangunan itu, mengungkapkan, pemanggilan RDP yang dilakukan ini merupakan untuk yang kedua, setelah pada 26 Juni kemarin juga telah dilaksanakan.

“Kita kembali memanggil dua OPD ini untuk meminta gambaran apa saja jenis Makanan dan Budaya yang akan di patenkan. Hal ini perlu cepat dilakukan jangan sampai dicaplok daerah lain,”jelasnya.

Sementara itu, Jasril Jamal, Wakil Ketua Komisi II DPRD KKA mengatakan, sebagai daerah yang saat ini sedang berkembang, tidak seharusnya Anambas bergantung terus menerus pada DBH Migas, karena ini akan habis.

“Berbeda dengan pariwisata, apabila dikelola dengan baik maka hasilnya akan semakin membaik untuk meningkatkan PAD,”tegasnya.

Hal-hal ini yang ingin dibicarakan, terutama terkait anggaran pendukungnya. Sayangnya OPD kurang merespon hal itu sehingga RDP tidak dapat dilakukan.

“Kita akan menjalankan tugas dan fungsi dalam pengawasan dan penganggaran, dengan baik untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” imbuhnya.(yud)

(Visited 24 times, 1 visits today)