Nurdin Senang Pegatron Serap 1.600 Naker # Investasi 40 Juta Dolar AS

Batam (HK)- Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun mengungkapkan rasa senang dan terima kasihnya atas dipilihnya Batam sebagai tempat investasi oleh PT Pegatron. Apalagi ini merupakan pertama di Indonesia dan Kawasan Asia Tenggara.

Nilai investasi Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Taiwan ini mencapai 40 juta dolar Amerika dengan menyerap 1600 tenaga kerja. PT Pegatron Technology Indonesia yang berlokasi di Jalan Beringin, Kawasan Industri Batamindo Lot no 5.

“Sebuah sejarah bagi Batam dan Kepri, Perusahaan kelas dunia Pegatron memilih Batam untuk investasi. Apalagi di saat agak lesunya investasi asing. Kehadiran Pegatron tentu sangat membantu daerah, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja,” ujar Nurdin dalam Grand Opening PT Pegatron Technology Indonesia di Kawasan Industri Batamindo, Batam, Selasa (9/7).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi, FKPD Batam dan Kepri.

PT Pegatron, lanjut Nurdin bisa menjadi ikon Batam, karena punya perusahaan besar dunia bertekhnologi tinggi. Nurdin juga meyakinkan investor dan calon investor bahwa Kepri masih punya potensi besar sebagai tempat investasi. Pemerintah akan selalu ada untuk investor. Pemerintah Kepri akan selalu berusaha memberikan fasilitas dan layanan terbaik bagi investor.

“Meski pelayanan yang kami berikan masih ada yang belum optimal, tapi percayalah, kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi investor sehingga Kepri mempunyai daya saing yang tak kalah bagus dari negara lain,” tegas Nurdin.

Vice Chairman of Pegatron, Mr. Jason Cheng menyebutkan, tahap awal ini PT Pegatron akan menanamkan modalnya sebanyak 40 juta USD dengan 1.600. Pegatron, lanjut Cheng bergerak dalam industri peralatan komunikasi tanpa kabel, alat transmisi, industri komputer dan lainnya yang berkaitan dengan smartphone.

Kegiatan itu pun dihadiri oleh pengusaha serta pejabat Kota Batam itu menjadi pertanda baik, bahwasannya perekomian Batam akan meningkat. Bahkan, diketahui perusaahn tersebut berkerja sama dengan PT Satnusa.

“Resmi akan dibuka di kawasan Muka Kuning ini. Perusahaan baru ini menjadi patner dengan PT Satnusa,” kata Walikota Batam Rudi saat itu.

Rudi juga menyebut, pemerintah Kota Batam sangat mendukung perusahan yang bergerak di bidang komponen elektronik itu. Dengan berkembangnya sektor Industri di Kota Batam, maka perekonomian Kota Batam juga akan semakin meningkat.

“Kalau ada investasi akan kita jemput. Izinnya pun akan dipercepat, asalkan sesuai dengan prosedurnya,” tuturnya.

Namun, Rudi belum mengetahui pasti berapa jumlah pekerja yang akan di tampung di perusahaan baru ini. Tapi yang pastinya, masyarakat harus mensyukuri adanya pertambahan perusahaan ini.

“Kalau untuk tenaga kerja, nantinya akan bertahap, sesuai kebutuhan dari pihak perusahaan PT Pegatron Technology sendiri,” tuturnya. (r/ded)