SMAN 16 Batam akan Akomodir Semua Siswa Mendaftar

Elmi SPd Kepsek SMAN 16 Batam

BATAM (HK) – Kepala Sekolah SMAN 16 Batam, Elmi SPd, berkomitmen akan megakomodir semua siswa yang mendaftar sesuai intruksi dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Dr Muhammad Dali MM. Sejauh ini calon siswa yang mendaftar ke sekolahnya tercatat 430 orang, namun kuota dimiliki hanya 288 siswa.

“Kalau sudah intruksi dari pak Gubernur dan pak Kadis Kepri ya kita jalankan, karena beliaulah yang memiliki kebijakan itu. Saya sebagai bawahan apapun itu kebijakannya dari atasan akan dijalankan sebaik mungkin,” ujar Elmi kepada Haluan Kepri, Rabu (10/7).

Diakuinya bahwa untuk PPDB tahap 2 ini hanya menyeleksi sebanyak 45 calon siswa untuk mengisi kekurangan kuota pada PPDB tahap 1 yang telah digelar beberapa hari lalu. Namun apabila nanti ada intruksi lagi dari Disdik Kepri untuk membuka PPDB tahap 3, maka calon siswa yang belum tertampung akan diakomodir, tentunya dengan aturan dan mengikuti mekanisme yang berlaku pada PPDB zonasi.

“Yang mengatur PPDB zonasi ini bukan panitia atau kepala sekolah, melainkan sistem yang menjalankannya. Tugas kita hanya menjalankan tugas sebaik mungkin dalam melayani calon siswa yang mendaftar,” ucapnya.

Dinilai Elmi, bahwa PPDB zonasi ini cukup bagus lebih menekankan pada pemerataan kualitas pendidikan, karena siswa yang masuk prestasinya bervariatif tidak seperti PPDB sebelumnya menumpuk pada salah satu sekolah unggulan. Dengan demikian, kualitas pendidikan akan merata disetiap sekolah. Disamping itu juga dapat menjamin layanan akses pendidikan bagi siswa, yakni mendekatkan lingkungan sekolah dengan lingkungan keluarga, dan menghilangkan diskriminasi di sekolah, khususnya sekolah negeri.

“Intinya hasil dari PPDB zonasi ini terjadi pemerataan kualitas sekolah, tidak ada lagi sekolah unggulan, malah akan terjadi persaingan prestasi yang ketat, karena siswa yang diterima nilainya bervariatif tidak hanya yang pintar atau yang kurang saja. Hanya saja kekurangannya belum bisa mengakomodir calon siswa secara keseluruhan, karena keterbatasan sekolah yang belum menyebar secara merata,” katanya.

Maka dari itu Elmi mengajak kepada masyarakat agar bersabar dalam proses PPDB zonasi ini, dan ikuti aturan yang berlaku.Karena dia menilai, penerapan dari PPDB zonasi mendorong sekolah lebih terbuka dalam melakukan penerimaan pendaftaran siswa baru.

“Kita berharap dengan diterapkannya sistim PPDB zonasi ini lebih meningkatkan akses layanan pendidikan dan berdampak dalam peningkatkan kualitas pendidikan, serta SDM guru, serta sarana prasarana sekolah. Makanya perlu mendapat dukungan semua elemen warga, para orang tua siswa dan pemangku kepentingan lainnya,” ucapnya lagi. (arment aditya)

 

SMAN 16 Batam berada di Sei Beduk akan mengakomodir semua siswa yang mendaftar pada PPDB zonasi tahap 3
(Visited 37 times, 1 visits today)