Tiga SMP di Bintan Kebanjiran Siswa – Disdik Tambah Rombel

Foto Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir

BINTAN (HK) – Sebanyak tiga SMP negeri di Bintan kebanjiran calon siswa yang mendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020. Sehingga, Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan terpaksa menerapkan penambahan rombongan belajar (rombel) setiap sekolah.

Menurut Kepala Disdik Bintan, Tamsir, bahwa sekolah-sekolah yang kebanjiran siswanya itu diantaranya SMPN 1 Bintan, SMPN 2 Bintan, dan SMPN 12 Bintan. Selain SMP, juga ada beberapa SD mengalami kondisi yang sama. “Kita tambah rombelnya agar seluruh siswa bisa tertampung di sekolah-sekolah negeri. Kita gak mau ada yang gak diterima,” ucap Tamsir di kantor Bupati Bintan, Selasa (9/7).

Ia mengatakan, banyaknya siswa yang mendaftar dibeberapa sekolah itu melebihi kapasitas ruang belajar yang ada di sekolah. Namun penambahannya tak cukup banyak hanya beberapa rombel saja. “Gak sampai satu kelas, hanya beberapa orang saja kok,” katanya santai.

Ia mengklaim PPDB tahun ini baik sistem online maupun offline seluruhnya tertampung di sekolah-sekolah SD maupun SMP yang ada di Bintan. Meskipun beberapa sekolah ada yang pelamarnya melebihi kapasitas daya tampung di sekolah.

“Kita menginginkan demikian. Kalaupun ada yang lebih kita suruh lapor ke dinas, bahkan kalau ada siswa yang melewati batas umurnya kita akomodir, agat bisa kita carikan solusi seperti mungkin diarahkan ke SNF (sekolah non formal),” bebernya. (oxy)

(Visited 30 times, 1 visits today)