Beri Jaminan Pensiun untuk ASN, Sosialisasi Bank Mandiri Taspen

SAMPAIKAN SAMBUTAN- Wakil Walikota Tanjungpinang Ramha menyampaikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Ketaspenan bagi ASN yang akan Memasuki Batas Usia Pensiun dan Pengenalan Bank Mandiri Taspen sebagai Mitra Bayar PT TASPEN (Persero) di Aula Bulang Linggi, kemarin.(ist)

TANJUNGPINANG (HK)- Bank Mandiri Taspen Cabang Tanjungpinang kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Ketaspenan bagi ASN yang akan Memasuki Batas Usia Pensiun dan Pengenalan Bank Mandiri Taspen sebagai Mitra Bayar PT TASPEN (Persero) di Aula Bulang Linggi, kemarin.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma mengatakan dalam organisasi pemerintahan, peranan dan kedudukan Aparatur Sipii Negara (ASN) sangatlah strategis.

ASN merupakan unsur Aparatur Negara, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat serta sebagai pelaksana pemerintah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan Negara.

“Baik buruknya suatu pemerintahan sangat tergantung pada baik buruknya mesin birokrasi atau ASN sebagai penyelenggara pemerintahan itu sendiri,” kata Rahma.

Dengan kedudukan yang penting dan strategis tersebut, kata Rahma, maka ASN perlu diberikan kesejahteraan yang memadai agar ASN dapat berkonsentrasi penuh menjalankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Untuk itulah pemerintah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan ASN tersebut sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dimana pada pasal 79 disebutkan pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada PNS.

“Salah satu bentuk dari kewajiban tersebut adalah memberikan Jaminan Pensiun bagi ASN dan Jaminan Hari Tua. Dalam hal ini PT TASPEN merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang khusus ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan 2 (dua) jenis Program Jaminan tersebut, yaitu Program Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT),” lanjut Rahma.

Rahma juga menjelaskan bahwa Bank Mandiri Taspen atau Bank MANTAP merupakan anak perusahaan dan dua BUMN, yaitu PT TASPEN dan PT BANK MANDIRI yang baru saja diresmikan kehadirannya di Kota Tanjungpinang pada tanggal 19 Februari 2019.

Bank Mandiri Taspen merupakan lembaga keuangan yang dikhususkan untuk mengelola dana pensiun dan sebagai mitra bayar terhadap ASN yang sudah memasuki masa pensiun.

“Diharapkan kehadiran Bank Mandiri Taspen dapat memberikan kemudahan layanan kepada pensiunan khususnya di bidang Ketaspenan dengan program-program unggulannya untuk pensiunan, sehingga kedepan diharapkan pensiunan PNS khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang dapat mengembangkan diri dengan program-program yang telah disusun oleh Bank Mandiri Taspen,” jelasnya.

Rahma juga mengimbau kepada para ASN Calon Purnabakti agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

“Demi kesejahteraan PNS di masa pensiun nantinya, harapan saya agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mendapatkan manfaat dari Sosialisasi ini,” tutupnya.(rco)