Pengembangan Mako Lanud Dilakukan Bertahap

SALAM KOMPAK - Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Urip Widodo (dua dari kiri) bersama Pimred Haluan Kepri, Rinaldi Samjaya (dua dari kanan) dan Ketua Koni Batam, Iskandar Alamsyah (kiri) salam kompak disela-sela menghadiri HUT Bhayangkara 73 di Mapolda Kepri, Rabu (10/7).

BATAM (HK) – Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim, Letkol Pnb Urip Widodo mengatakan pembangunan Lanud sebagai pengembangan pertahanan TNI menyeluruh baik TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut. Pengembangan Mako Lanud dilakukan secara bertahap baik dari infrastruktur maupun kecukupan personil.

“Pembangunan Lanud Batam bagian pengembangan pertahanan keamanan kita, dan pembangunan dilakukan secara bertahap baik fasilitas maupun kecukupan personil,” ujarnya, Rabu (11/7) lalu, saat menghadiri upacara HUT Bhayangkara ke-73 di Mapolda Kepri.

Dikatakan, awal ini personil Mako Lanud Hang Nadim masih 22 personil. Bertambahnya pembangunan kantor Mako Lanud, segera diselesaikan kemudian perumahan dinas-dinas diiringi dengan penambahan personil yang ada.

Dikatakan Letkol Urip, normalnya jumlah personil di Mako lanud tipe C normalnya mengacu pada Draft susunan personil, jumlahnya idealnya 143.

“Nanti akan dilakukan bertahap, terutama tahun depan,” ujarnya.

Sebagaimana dibangunnya mako Lanud Hang Nadim, kata Letkol Urip Widodo, di sini tidak ada hanggar skuadron khusus. Mako Lanud tersebut banyak digunakan tempat latihan, stand by patroli udara, baik pesawat transport maupun heli udara.

Setahu saya nanti, lanjut Letkol Urip Widodo di Bandara Hang Nadim akan dibangun shelter-shelter pesawat khusus TNI Angkatan Udara.

“Justru itulah, efek kita berdekatan dengan negara tetangga. Kita tahu banyak dengar di berita banyak terdengar pelanggaran wilayah. Dan itu sebanrnya harus kita atasi dan menjadi PR kita bersama,”ujarnya.

Lebih lanjut, kedepan Mako Lanud Tipe C Hang Nadim, Letkol Urip Widodo mengatakan terkait kepentingan-kepentingan yang lain, kita akan mensupport.

“Bahwa kita terus terang tidak berseberangan dengan wilayah Singapur, dan kita jaga betul keutuhan dan kedaulatan wilayah kita, intinya seperti itu,” ujarnya

Sebagaimana sebelumnya, Letkol Urip Widodo bertugas sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Pattimura Ambon. Untuk pengembangan Mako Lanud di tanah Melayu, Letkol Urip Widodo mengaku sangat tertrik dengan keberagaman budaya. Termasuk keragaman budaya di kota Batam.

“Terus terang saya hobi dalam hal budaya, termasuk keberagaman budaya di sini. Kita menunjukkan kepada masyarakat bahwa di sini sudah ada Lanud Hang Nadim. Kita ada di Batam ya kita tonjolkan budaya. Karena budaya masuk segala lini. Baik dunia militer maupun dunia masyarakat saya tenarkan ini Lanud,”ujarnya.

Menurutnya, pada kesempatan tersebut ia mengatakan akan banyak berhubungan dengan awak media terkait publish kegiatan Lanud Hang Nadim.

“Doakan saja, saya bisa menggelar festival budaya di Lanud Batam,” ujar Letkol Urip yang berpengalaman dalam menerbangkan pesawat Hercules, serta instruktur penerbang tersebut.(put)

(Visited 61 times, 1 visits today)