Warga Air Mas Tagih Janji Satpol PP, Terkait Eksekusi Pembongkaran Posko Ormas yang Belum Dilaksanakan

Posko milik salah satu Ormas masih berdiri kokoh, meski sudah disepakati untuk dibongkar karena keberadaannya tidak sesuai peruntukan. DOK HALUAN KEPRI

SAGULUNG (HK) — Warga Perumahan Air Mas, Kelurahan Sungai Langkai, Sagulung menagih janji Satpol PP dan Kecamatan Sagulung yang akan menertibkan keberadaan posko Ormas di lokasi mereka. Pasalnya hingga saat ini keberadaan posko ormas tersebut masih ada.

Tidak hanya menagih janji, tapi warga juga mempertanyakan kinerja petugas Satpol PP kota Batam maupun Kecamatan Sagulung yang menurut mereka lamban dalam melaksanakan tugasnya.

“Katanya mau ditertibkan. Bahkan pihak Kecamatan sudah berapa kali datang kelokasi untuk memantau poskonya dan akan mau ditertibka. Tapi hanya omong kosong,” kata Zul, salah seorang warga sekitar posko, Jumat (12/7) siang.

Dia juga menambahkan, adanya bangunan tersebut bisa mengundang masyarakat ingin membuka lapak nantiya. Bahkan warga bisa menduga kalau pihak kecamatan pandang buluh untuk penertiban ini.

“Jangan hanya kios lain bisa ditertibkan. Sementara bangunan yang sudah menyalahi aturan masih dibiarkan berdiri kokoh. Apa kata warga lainnya,” katanya sambil bertanya.

Azis, warga lainnya juga mengatakan, jika memang ada penertiban dijalur hijau atau row jalan di wilayah Sagulung ini, jangan hanya satu-satu saja. Harusnya semua ditertibkan.

“Dikhawatirkan nanti jadi ribut. Masa gara-gara hanya dibangun ormas malah berpikir untuk melakukan penertibanny,” tanya.

Padahal, sambungnya lagi, pihak Kecamatan terus menyatakan akan secepatnya membongkar kios atau lapak yang berada di row jalan. Namun kenyataannya malah dibiarkan begitu saja berdiri. Tapi apapun alasannya warga menyerahkan kepada pihak Kecamatan untuk tetap menertibkan.

“Kami percaya kepada pemerintah untuk melakukan penertiban. Dan dalam hal ini kami serahkan agar tetap dibongkar. Kami tunggu janjinya pihak Kecamatan,” tegasnya.

Sebelumnya, dua unit bangunan berupa posko yang dibangun oleh Organisasi kemasyarakatan (ormas) di Sagulung, akan dibongkar paksa. Pasalnya posko tersebut sudah dialih fungsikan jadi warung dan arena permainan serta melenceng dari komitmen.

Hal tersebut disampaikan oleh Hardianus, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) sagulung saat ditanya perihal posko yang dibangun di jalan utama depan perumahan Air Mas, Sagulung, Selasa (2/7) paginya.

Dia juga mengatakan, kedua bangunan tersebut awalnya hanya dibangun posko saja. Namun kenyataan dilapangan malah tak sesuai dengan surat yang dilampirkan kepada mereka (Kecamatan Sagulung).

Seperti posko di jalur utama tepatnya di depan ruko Air Mas, Sungai Langkai. Kemudian di Kavling baru malah dijadikan tempat permainan billiard.

“Memang untuk posko yang di ruko Air Mas sudah dilampirkan permohonannya. Tapi setelah sudah jadi duluan poskonya. Lagian posko itu tepatnya di jalur utama. Kalo di Kavling Baru malah dijadikan tempat permainan billiard,” katanya.

Lanjutnya Hardianus lagi, sebelum mereka memohon untuk membangun posko, warga Perumahan Air Mas sudah komplain adanya posko dibangun didepan jalur utama atau jalur penghijauan.

“Sebelum surat permohonannya dilayangkan, warga perumahan Air Mas sudah duluan komplain dengan bangunan posko tersebut. Akan tetapi hal itu akan dibongkar jika tak dibongkar mereka,” katanya

Jika, posko yang di Kavling Baru akan ditindak lanjuti. Sebab permohonannya hanya buat posko saja. Tapi malah yang lain dibuat disana seperti tempat permainan billiar dan warung kopi.

“Hal itu akan kita tindak lanjut. Karna permohonannya buat posko saja. Tapi malah jadi berubah,” katanya lagi.

Dia juga menyampaikan, untuk tindakan penertibannya sudah kita serahkan ke Satpol PP kota Batam. Jadi mereka lah yang berurusan masalah kedua posko tersebut.

“Sudah kita sampaikan kok ke Satpol PP Batam untuk penertibannya. Jadi biarlah mereka yang menangani masalah kedua posko tersebut,” terang dia kembali. (ded)

(Visited 48 times, 1 visits today)