LKS XXVII Mencoba Jawab Tantangan Siswa SMK yang Kian Berat

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud dan PT Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS) tingkat Nasional XXVII (7 Juli -13 Juli) di Jogja Exhibition Center, Yogyakarta. NET

JAKARTA (HK) – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama PT Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional XXVII. Acara yang telah berlangsung 7 juli dan akan berakhir pada 13 Juli ini, diadakan di Jogja Exhibition Center, Yogyakarta dan mengambil tema “Kompeten Menyongsong Industri 4.0”.

Dari 32 bidang lomba, Kawan Lama ikut serta menguji kompetensi siswa SMK untuk 5 bidang lomba teknik; Automobile Technology, Metrology, Welding, CNC Milling, dan CNC Turning. Lomba CNC bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian kompetensi bidang pemrograman dan pengoperasian Computer Numerical Control (CNC). Ke depan, siswa diharapkan semakin mahir mengoperasikan mesin bersistem komputerisasi karena nantinya akan banyak ditemui di dunia kerja. Kompetensi sesuai pasar kerja.

“Siswa SMK harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja baik untuk memenuhi kebutuhan daerah, tingkat Nasional maupun Internasional,” tegas Direktur Pembinaan SMK, M. Bakrun.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Pemerintah Indonesia perlu memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan kualitas dan kemampuan SDM berpenguasaan teknologi dan manajemen. “Mutu pendidikan anak bangsa menjadi penentu masa depan bangsa. Itulah sebabnya pondasi pendidikan kita harus kuat, agar mampu mencetak SDM yang memiliki kompetensi tinggi, sehingga dapat berperan penting dalam dunia industri nantinya,” ujarnya.

Terkait hal itu, Bakrun menyampaikan pihaknya menyelenggarakan kegiatan LKS guna memotivasi peningkatan kompetensi siswa. “Kegiatan ini juga dalam upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha dunia industri, serta pemangku kepentingan lainnya,” tambahnya. (oke)

(Visited 34 times, 1 visits today)