Tim Peduli Polda Kepri Kunjungi dan Santuni Penderita Kanker dan Stroke

TIM Peduli Polda Kepri kunjungi penderita kanker di Kampung Agas.Foto:Nov Iwandra/Haluan Kepri

BATAM (HK)- Sebagai wujud kepedulian sosial di masyarakat, Tim Peduli Polda Kepri mengunjungi kediaman warga penderita Kanker dan Stroke, Jumat (12/07) siang.

Dipimpin Kabid Dokkes Polda Kepri, Kombes Pol dr Chris Susilo, Sp Rad dengan membawa Kasubbiddokpol dr Novita, Kasubbidkespol drg Hidha, Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Yunita Stefani, Wakapolsek, Bhabinkamtibmas serta Perhimpunan Melayu Raya. 

Lalu, rombongan tersebut mengunjungi rumah kediaman Bapak Bukeng alias Edy, penderita penyakit Kanker di Perum Mediterania Batam Kota dan rumah Ibu Timang, penderita stroke di Kampung Agas, Blok B, Kelurahan Tanjung Uma, Lubuk Baja.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menerangkan, untuk kegiatan Peduli Kasih Polda Kepri kali ini, tim lansung datangi ke rumah warga, setelah mendapat informasi dari Bhabinkamtipmas setempat.

“Di rumah Pak Bukeng didapati kondisi sedang sakit. Meskipun sadar, namun beliau kesulitan dan kesakitan untuk buang air kecil dan buang air besar,” ungkap Kombes Erlangga, kemaren.

Kemudian, imbuhnya, setelah bermusyawarah dengan keluarga, Pak Bukeng dibawa ke RS. Awal Bros Batam dan langsung mendapatkan penanganan dari Dokter jaga di unit IGD,” ujar Kabid Humas Polda Kepri ini.

Penjelasan dari Keluarga, ujar Erlangga, bahwa Pak Bukeng sudah menderita penyakit Kanker Usus Besar yang sudah menjalar ke Paru-paru dan Kandung kemih, sejak lama.

Namun, imbuhnya, dengan keterbatasan biaya tidak dapat melakukan pengobatan beliau itu, secara maksimal.

“Alhamdulillah, dengan kunjungan rombongan Peduli Kasih Polda Kepri, berikutnya RS. Awal Bros segera melakukan Konsultasi ke Dokter Spesialis Onkologi (Tumor) untuk melakukan pengecekkan ulang dan terapi lanjutan,” sebut Erlangga. 

Dalam kesempatan tersebut, terangnya, Kabid Dokkes sebagai perwakilan Polda memberikan Tali Asih dari Polda Kepri kepada keluarga Pak Bukeng, sebagai wujud kepedulian sosial.

Sedangkan kunjungan ke rumah Ibu Timang, terang Erlangga, didapati kondisi Ibu Timang dalam keadaan lumpuh (tidak bisa berjalan).

“Beliau sudah tua, dan tinggal berdua dengan adik kandungnya di dalam rumah kontrakan,” kata Erlangga. 

Keterangan dari keluarga, ucapnya, bahwa Ibu Timang menderita Stroke sejak 5 Tahun yang lalu, dan sudah pernah dilakukan pengobatan di RS. BP Batam, namun tidak dilanjutkan lagi karena keadaan ekonomi. 

“Informasi dari tetangganya dan Ketua R.T 02, bahwa keluarga ibu Timang tidak mempunyai kartu identitas sama sekali,” ungkapnya Kabid Humas.

“Lalu Polda Kepri Peduli melakukan Koordinasi dengan Ketua RT 02, tentang pembuatan surat Identitas untuk keluarga Ibu Timang, sebagai syarat kelengkapan administrasi pengobatan di rumah sakit.

“Dan dalam kesempatan itu Polda Kepri Peduli melalui Kabid Dokkes Polda Kepri memberikan Tali Asih dan rekomendasi pemeriksaan Rutin Kesehatan ke rumah sakit yang kami tunjuk,” pungkasnya. (vnr).

(Visited 13 times, 1 visits today)