Koramil 03 Nongsa Latih Siswa PBB saat PLS

Danramil 03 Nongsa Kodim Batam dan Babinsa melakukan PLS di SMK Sultan Agung, Batam. (noviwandra/haluankepri.com)

Danramil 03 Nongsa Kodim Batam dan Babinsa melakukan PLS di SMK Sultan Agung, Batam. (noviwandra/haluankepri.com)

BATAM (HK) – Kodim 0316 BB Batam, melalui Koramil 03 Bukit Barisan (BB), di Kecamatan Nongsa, melatih siswa SMK Penerbangan Sultan Agung dan SMK Pelayaran, dalam PBB yang diselenggarakan di SMK Sutltan Agung, Nongsa, Senin (15/7/2019). Kegiatan itu rangka program Pengenalan Lingkungan Sekolah(PLS) dan LDDK.

Danramil 03 Nongsa, Kapten Infantri Walentin Sinaga, mengatakan, program itu merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kemendikbud RI dengan TNI saat PLS setiap tahun ajaran baru jenjang SMP dan SMA sederajat.

“Mulai hari ini sudah kami laksanakan,” kata Kapten Inf Walentin Sinaga.

Walentin menjelaskan, Babinsa yang dilibatkan untuk memberikan materi, diantaranya Sertu Bayu S serta Sertu Ariffudin, untuk pelatihan PBB, upacara bendera, dan pembinaan mental.

“PLS dilakukan selama tiga hari ke depan,” ungkapnya.

Danramil mengatakan, dalam PLS seluruh siswa diajak untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar, untuk prestasi yang lebih baik dan gemilang.

“Lalu, pelihara dan tingkatkan rasa kesetiakawanan antarsiswa serta hindari perkelahian maupun tawuran antar sekolah. Hindari kegiatan yang bertentangan dengan aturan sekolah, seperti geng motor, pergaulan bebas dan narkoba. Sebab dapat merusak diri sendiri dan menghancurkan masa depan,” ujar Walentin.

“Hormati guru, orangtua, dan keluarga serta ikuti semua bimbingannya dengan baik,” tambahnya lagi.

Babinsa 03 Nongsa, Kodim 0316/Batam Sertu Bayu S. mengungkapkan, adapun materi yang disampaikan kepada siswa/i dalam kegiatan PLS dan LDDK ini yaitu Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Pelatihan Upacara Bendera serta Palatihan Baris Berbaris (PBB).

“Peserta berjumlah 150 orang. Baik itu dalam pembinaan mental, fisik, khusus untuk kegiatan PBB dan upacara bendera,” kata Sertu Bayu.

“Pelatihan baris berbaris dan upacara bendera adalah sebuah pendidikan mental ideologi. Ini bisa motivasi di dalam belajar dan disiplin diri,” ungkap Sertu Bayu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Penerbangan Sultan Agung, Abdul Thalib S.Pd dan Kepala Sekolah SMK Pelayaran itu, Dra Yulia Yusman, menyampaikan, PLS merupakan sebuah program untuk mengenalkan lingkunan sekolah pada siswa/i yang baru.

“Kami berterimakasih kepada Danramil dan jajaran, yang telah membantu dalam melatih dan membentuk siswa baru agar berdisiplin, taati aturan sekolah, hormat dan taat kepada seluruh guru,” ujar Agung.

Menurutnya, dengan PLS, para siswa siswi yang sudah diterima sebagai pelajar di SMKS ini, dapat mengikuti peraturan sekolah, dengan telah terlatih dengan kedisiplinannya. Sehingga menjadi siswa dengan mengetahui wawasan kebangsaan maupun bela negara. (vnr)