Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Laut

Ilustrasi seorang nelayan sedang berjuang melewati gelombang tinggi. NET

BATAM (HK) – Aktivitas nelayan dan transportasi laut diimbau mewaspadai gelombang laut. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK) Hang Nadim Batam, memperkirakan cuaca berpotensi hujan dan angin kencang.

Prakirawan cuaca BMKG Hang Nadim, Addini Siti Novitasari, menyampaikan prakiraan cuaca esok hari (Senin,15/7), kelembapan udara yang cukup rendah di wilayah Kepulauan Riau menyebab berkurangnya pasokan uap air di udara sehingga peluang pembentukan awan-awan hujan menjadi kecil.

“Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujarnya, Minggu (14/7).

Dikatakan, cuaca tersebut diperkirakan hampir di seluruh perairan Kepri. Angin kencang dapat diwaspadai, biasanya beriringan dengan gelombang tinggi.

Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan, kata Siti, diimbau agar waspada terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau.

Menurut prakiraan, terang Siti, untuk prakiraan gelombang dan arus laut untuk wilayah Kepulauan Riau 0,1 meter hingga 2, meter.

“Untuk prakiraan cuaca ini berlaku mulai hari besok 15 juli 2019 pukul 07.00 WIB hingga selasa 16 juli 2019 pukul 07.00 WIB pak,” ujarnya.

Sebagaimana prakiraan cuaca hari Minggu (14/7), Siti mengatakan prakiraan kelembapan udara yang cukup rendah di lapisan atas membuat potensi pertumbuhan awan-awan konvektif menjadi berkurang.

Secara umum kondisi cuaca esok hari Minggu ini, diprakirakan cerah berawan hingga berawan namun masih berpeluang terjadi hujan yang bersifat lokal dengan intensitas sedang hingga lebat dalam periode singkat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Untuk transportasi darat dan udara agar waspada berkurangnya jarak pandang mendatar saat terjadi hujan lebat.

Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan, kata Siti dihimbau agar waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai 2,0 meter di wilayah perairan Natuna bagian utara.

“Untuk cuaca hari ini hingga besok pagi diprakirakan berawan pak,” pungkasnya. (put)

(Visited 23 times, 1 visits today)