Arus Penumpang di PDS Kembali Normal, Meski Sempat Meningkat 30 Persen di Libur Sekolah

Asmadi

BATAM (HK) – Arus penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) kembali normal, Senin (15/7). Meski sehari sebelumnya, yakni pada Minggu (14/7) sempat terjadi peningkatan arus balik liburan sekolah pada kisaran 30 persen.

Koordinator pelabuhan IMSA Batam, Asmadi mengatakan lonjakan penumpang meningkat pada Minggu (14/7) lalu. Namun jumlah tersebut dapat diatasi dengan sejumlah kekuatan armada kapal yang ada.

Bahkan jumlah tersebut masih dibawah jumlah penumpang pada arus mudik lebaran sebelumnya.

“Jumlah penumpang sempat meningkat, namun dapat diatasi dengan kekuatan armada yang ada,” ujar Asmadi ke awak media, Senin (15/7).

Dijelaskan, bahwa jumlah armada yang diturunkan untuk antisipasi arus penumpang pada libur sekolah tersebut masih normal. Yakni satu unit armada ke Dumai serta satu unit armada ke Buton, Pekanbaru.

Pada arus libur sekolah tersebut, memang lonjakan penumpang sekitar 80 persen, artinya, kata Asmadi masih ada seat yang kosong.

“Untuk hari ini jumlah penumpang normal. Seperti biasa, stabil,” ujarnya.

Menurutnya, layanan di hari-hari biasa tetap dilakukan. Bahkan operator melayani meski penumpang sepi.

“Kita teta melayani. Menjual tiket seperti biasa,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama, keberadaan pelabuhan Sekupang merupakan terminal angkutan laut berbagai tujuan. Pada hari biasa, terlihat dihalaman parkir pelabuhan sejumlah supir taksi menunggu sewa.

“Biasanya pada hari-hari tertentu, baik itu libur lebaran, libur sekolah, maupun libur tahun baru, aktivitas di terminal tersebut cukup padat dan ramai oleh penumpang,” jelasnya. (put)