Gerak Jalan Kategori 45 Kilometer Ditiadakan

TANJUNGPINANG (HK) – Dalam rangka memeriahkan momen peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang kembali menggelar iven Gerak Jalan Proklamasi pada bulan akhir Agustus mendatang.

Namun gelaran yang dinanti-nanti masyarakat ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kategori 45 kilometer ditiadakan, karena dinilai lebih banyak mudarat ketimbang maslahatnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang, Djasman yang mengatakan sebelumnya gerak jalan proklamasi ini, ada tiga kategori yakni 17 kilometer, 8 kilometer dan 45 kilometer. Kategori ini sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun hari kemerdekaan (17/8/45).

“Setelah kita berkoodinasi dengan walikota, maka untuk kategori 45 kilometer tahun ini ditiadakan. Alasannya karena lebih banyak mudarat-nya. Tapi kalau mau tetap ada, diadakan pada siang hari. Namun saya pikir kalau 45 kilometer siang peserta tak kuat. Makanya ditiadakan,” ungjap Djasman saat ditemui, kemarin.

Jadi kategori jarak yang akan di perlombakan yakni 8 kilometer dan 17 kilometer. Selain mendiadakan kategori 45 kilometer, kata Djasman untuk kategori 8 kilometer akan dilaksanakan pada pagi hingga siang, sekitar pukul 06.00 WIB.

“Sedangkan untuk yang 17 kilometer, kita laksanakan pada malam hari. Dimulai sekitar jam 8 malam dan diperkirakan selesai sebelum jam 12 malam,” katanya.

Diakhirinya, untuk gerak jalan proklamasi nantinya peserta akan dinilai oleh dewan juri. Tim terbaik nantinya akan diberikan hadiah dan uang pembinaan. Tapi untuk besaran hadiah, Djasman mengaku tidak hafal namun semuanya sudah dianggarkan.

“Saya berharap momen yang dilaksakanan tiap tahun ini tidak hanya sekedar menjadi hiburan bagai peserta dan masyarakat Tanjungpinang.Tapi lebih dari itu, masyarakat khususnya kalangan muda diharapkan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif,” pungkasnya. (rco)

(Visited 85 times, 1 visits today)