DBD Terus Menyerang Warga

MASIH MENYERANG- Pasien DBD terbaring di RSUD Natuna. Penyakit berbahaya tersebut dinyatakan masih menyerang warga.

NATUNA (HK)- Hingga kini jumlah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terus meningkat. Dari bulan Februari hingga Juli 2019 terdapat 30 orang lebih terkena penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Rizal Rinaldi membenarkan bahwa hingga kini jumlah penderita wabah DBD mengalami peningkatan.

“Betul, sampai sekarang ini penderita wabah DBD mengalami peningkatan. Namun dengan penanganan yang cepat, penyakit tersebut tidak sampai ke tahap berdarah,” kata Rizal saat dihubungi melalui telepon, Senin (15/7).

Menurutnya, penanganan maksimal terhadap wabah DBD telah dilakukan Puskesmas mau pun RSUD Natuna. Namun semua itu perlu peran masyarakat dalam menjaga lingkungan akan tetap bersih dari jentik nyamuk.

“Untuk penanganan kasus ini, kita telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi masalah DBD ini. Disamping melakukan fogging, Diskes juga telah bekerja sama dengan pihak kecamatan melakukan pemusnahan sarang nyamuk dengan 3M+, menguras, membakar dan mengubur barang-barang bekas tempat nyamuk berkembang biak,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, agar warga yang terserang wabah DBD segera membawa pasien yang demam ke Puskesmas untuk ditangani secara optimal. Ketika ditangani secara dini demam akan segera pulih.

“Namun kalau dibiarkan begitu saja, maka akan mengakibatkan perkembangan virus semakin leluasa dan menimbulkan pendarahan pada gusi yang membahayakan kedepannya,” ujarnya.

Ia mengharapkan, kepada seluruh masyarakat agar melakukan bersih-bersih lingkungan dan melakukan 3M plus terutama di rumah, di sekolah, di kantor, di masjid dan dimana saja yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk.(fat)

(Visited 18 times, 1 visits today)