Kapolres Karimun Lepas Purnawirawan Pakai Becak

(ilham/haluankepri.com)

(ilham/haluankepri.com)

KARIMUN (HK)-Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya melepas dua perwira Polres Karimun yang memasuki masa pensiun dengan “mengantar” pakai becak dayung. Keduanya yakni AKP A Nizar, terakhir menjabat sebagai Wakapolsek Balai Karimun dan Ipda Nurdin Mansur. Pelepasan dua perwira itu usai upacara di halaman Mapolres Karimun, Rabu (17/7).

“Tadi pagi sekitar pukul 07.30 WIB, kami melaksanakan wisuda purnawira bhakti Polri tahun anggaran 2019 kepada dua personel Polres Karimun yang telah memasuki masa pensiun periode Juli 2018-Juli 2019,” ungkap Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya di ruang kerjanya, Rabu (17/7).

Kata Hengky, kedua personel Polres Karimun tersebut telah mengakhiri masa dinas dengan membuat acara tradisi melalui upacara. Kegiatan itu juga bagian dari rangkaian HUT Bhayangkara ke 73. Kegiatan itu diawali dengan upacara, pembacaan surat keputusan tentang pemberhentian dengan hormat dilanjutkan dengan ramah di Rupatama bersama Bhayangkari dan jajaran Polsek.

“Setelah ramah tamah kami melaksanakan tradisi pedang pora, yakni penghantaran personel Polres Karimun yang mengakhiri masa dinas sampai ke depan pintu gerbang. Setelah pedang pora, kemudian salam salaman dan saya bersama Wakapolres mengantar keduanya pakai becak dayung,” tuturnya.

Hengky menyebut, tujuan kegiatan itu untuk memberikan apresiasi kepada dua personel Polres Karimun yang telah mengakhiri masa dinas. Sebab, pada saat berdinas keduanya telah memberikan kontribusi dan kinerja yang baik tanpa adanya pelanggaran. Acara tersebut dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Polda Kepri.

Perwira melati dua di pundak itu menyebut, alasan pihaknya mengantarkan dua perwira yang telah memasuki masa pensiun menggunakan becak untuk kearifan lokal. Sebab, diketahui becak dayung merupakan salah satu alat transportasi di Karimun selain bus kayu tua yang hingga saat ini masih beroperasi. (ham)